Momentum HUT ke-25 Kabupaten Toba, Pacu Indeks Pembangunan Dengan Etos Kerja HIPAS

Sumutcyber.com, Toba – Bupati Kabupaten Toba Provinsi Sumut Poltak Sitorus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus memacu peningkatan Indeks Pembangunan (IP) dengan etos kerja “HIPAS” (Hibas, Padot dan Togos).

Etos kerja HIPAS menjadi Sub Tema yang diangkat dari Tema Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-25 Kabupaten Toba  tahun 2024 yakni “Kabupaten Toba Bangkit, Bergerak, Tampil, Jadi Pemenang”.

Bacaan Lainnya

Hingga tahun 2023 IP Kabupaten Toba sudah mencapai 77,84. Capaian  ini akan terus kita pacu hingga akhir periodesasi tahun ini, kendatipun masa periodesasi Bupati dan Wabup hanya 3,5 tahun, bukan 5 tahun seperti periode sebelumnya.

“Mengawali tahun pertama arah kebijakan, kami dihadapkan dengan penanggulangan pandemi Covid-19 yang berakibat pemotongan anggaran. Hal ini jelas berdampak terhadap setiap program yang sebelumnya sudah dianggarkan untuk direalisasi. Namun, pandemi ibarat pil pahit yang hampir meluluhlantahkan berbagai sendi ruang gerak kehidupan masyarakat, akhirnya perlahan dapat diatasi. Puji Tuhan, kita mulai melakukan arah kebijakan dalam mengejar ketertinggalan program pembangunan,” kata Bupati Poltak Sitorus dalam sambutannya, pada acara HUT Ke-25 Kabupaten Toba tahun 2024, bertempat di lapangan Sisingamangaraja Balige, Sabtu (9/3/2024).

Dalam kesempatan ini dia mengungkapkan raihan capaian kinerja Pemkab Toba bersama OPD khususnya pada sektor Pariwisata, Pendidikan dan Pertanian yang merupakan sektor prioritas saat ini.

“Sektor pariwisata sudah mulai meningkat dengan hadirnya event internasional F1 Powerboat dan Aquabike Jetski, bahkan Powerboat sudah dua kali digelar beruntun. Jumlah wisatawan terus menaik. UMKM dan usaha lain terus berbenah, membuat ekonomi kita mulai bergerak,” imbuhnya.

“Sektor pendidikan kita terus menaik. Hal ini terlihat dari jumlah siswa kita yang mendominasi masuk SMA Unggulan Del dan TB. Soposurung. Di sektor infrastruktur, awal kepemimpinan kami hanya 44 % jalan kabupaten yang dinyatakan bagus. Di tahun 2023 kondisi jalan yang baik di Kabupaten Toba naik menjadi 54,26%. Demikian juga sektor pertanian dan kesehatan. Sejauh ini kita sudah mencapai kinerja yang bagus. Namun masih ada juga yang harus kita perbaiki. Oleh karenanya, mari terus melakukan perbaikan (Pature Torus, Torus Pature). Di usia 25 tahun ini Kabupaten Toba harus maju, ayo bangkit, ayo bergerak dan tampil menjadi pemenang,” sambung Bupati Poltak.

Dalam kesempatan ini, Bupati Poltak Sitorus  juga tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada para perintis, pemrakarsa dan pendiri Kabupaten Toba yang telah memberikan kontribusi nyata hingga melahirkan Kabupaten Toba pada 9 Maret 1999 lalu.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para Kepala Daerah, pimpinan dan anggota DPRD yang telah memberikan dedikasi terhadap Toba, semenjak lahirnya kabupaten ini,” pungkasnya.

Puncak HUT Ke-25 Kabupaten Toba tahun 2024 menyuguhkan berbagai kegiatan sosial diantaranya pemberian bantuan sepatu bagi siswa yatim piatu, pemberian pakaian training bagi lansia, kacamata bagi orangtua,  pemeriksaan kesehatan dan sejumlah penghargaan.

Selain itu ada juga tarian 8 puak yang dibawakan oleh siswa SMP Se-Toba, defile hasil bumi dari masing-masing kecamatan dan hiburan oleh sejumlah artis lokal dan ibukota. (SC-JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *