DPRD Toba Gelar Rapat Paripurna HUT Toba ke-25 Tahun 2024

Sumutcyber.com, Toba – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi ke-25 Tahun Kabupaten Toba 2024, di Ruang Paripurna DPRD Toba, Sabtu (9/3/2024).

Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Toba Effendi SP. Napitupulu, didampingi Wakil Ketua DPRD Mangatas Silaen dan Candrow Manurung.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan ini, Ketua DPRD Toba Effendi Napitupulu menyapa seluruh undangan, seraya menyampaikan sejarah singkat lahirnya Kabupaten Toba Samosir dari Kabupaten Tapanuli Utara serta penetapannya oleh Menteri Dalam Negeri RI pada tanggal 9 Maret 1999 lalu.

Selanjutnya, Effendi membuka secara resmi Paripurna  DPRD Toba dalam rangka Hari Jadi Ke-25 Tahun Kabupaten Toba 2024 yang mengusung tema: “Kabupaten Toba Bangkit, Bergerak, Tampil, jadi Pemenang” dan Sub tema: “Satu Tekad Dengan Etos Kerja, Hibas, Padot, Togos (HIPAS), Kita Wujudkan Kabupaten Toba Unggul dan Bersinar”.

Paripurna dihadiri oleh Bupati Toba Poltak Sitorus, Sekda Augus Sitorus, Para Asisten, Staf Ahli, Para Pimpinan OPD, Para Kabag, para Camat, Unsur Forkopimda, Pimpinan BUMN/Daerah, instansi vertikal, tokoh masyarakat, adat, agama, Ormas, OKP, LSM dan insan pers.

Sejumlah undangan istimewa juga hadir yakni para mantan Bupati Toba Samosir dan Bupati Toba sebelumya yakni Sahala Tampubolon, Kasmin Simanjuntak dan Darwin Siagian. Juga hadir sejumlah anggota DPRD periode sebelumnya.

Selanjutnya, Sekdakab Toba Augus Sitorus membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Toba Samosir yang mekar dari Kabupaten Tapanuli Utara. Dalam kesempatan ini, Augus Sitorus juga menyebutkan para  pejabat bupati, sekda, para pimpinan DPRD yang pernah menjabat sejak berdirinya Kabupeten Toba Samosir  hingga berganti nama menjadi Kabupaten Toba.

Dalam sambutannya, atas nama pemerintah Kabupaten Toba dan masyarakat, Poltak Sitorus mengucapkan terimakasih atas kehadiran segenap undangan.

“Secara khusus kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para mantan pejabat bupati, sekda, pimpinan DPRD maupun para anggota DPRD atas dedikasinya berjuang membangun Toba. Demikian juga terimakasih kami ucapkan kepada segenap  unsur Forkopimda Toba yang berjalan selaras mendukung keberlangsungan pembangunan dalam mewujudkan kemajukan Toba. Serta dukungan seluruh elemen masyarakat Toba untuk kedepannya bersama ‘Bangkit, Bergerak, Tampil untuk menjadi Pemenang’ dalam mewujudkan masyarakat Toba yang sejahtera,” sebut Poltak.

Dalam kesempatan ini, dia juga menyampaikan pencapain kinerja Pemkab Toba di beberapa sektor diantaranya sektor pariwisata, pendidikan dan pertanian.

“Di mana saat ini ketiga sektor ini menjadi prioritas arah kebijakan Pemkab Toba dengan tetap menselaraskan sektor lainnya,” pungkas Poltak.

Rangkaian HUT Toba ke-25, sebelumnya telah digelar  di Kecamatan Porsea dan Kecamatan Habinsaran bersama kecamatan dan masyarakat terdekat. Dan hari ini merupakan acara puncak bertempat di lapangan Sisingamangaraja Balige, venue diselenggarakannya  F1 Powerboat dan Aquabike.

Ketua DPRD Toba Effendi Napitupulu yang akan mengakhiri masa periode tahun ini, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usai acara Paripurna tersebut menitip pesan kepada para anggota DPRD yang baru agar senantiasa tetap dekat dan peka menampung aspirasi konstituennya.

“Mari kita jadikan lembaga ini sebagai wadah penyampaian aspirasi rakyat yang harus diperjuangkan dengan tujuan mensejahterahkan rakyat,” ucapnya.

Demikian juga kepada Pemkab Toba agar lebih pro aktif melakukan inovasi dan akselerasi turun kebawah. “Melihat kebutuhan rakyat, misalnya dibidang sektor pariwisata yang saat ini tengah digalakkan. Banyak sarana dan prasarana yang semestinya difungsikan untuk dikelola rakyat dalam meningkatkan perekonomian. Kami berharap kedepannya pemerintah peka dengan semuanya itu,” imbuhnya mengakhiri. (SC-JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *