Wujudkan SDM Pariwisata Unggulan, Pemko Medan Jalin MOU dengan Politeknik Pariwisata Medan

Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Dalam rangka mewujudkan hal ini, Pemko Medan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Politeknik Pariwisata Medan pada Jumat, 26 Juli 2024. Kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan SDM pariwisata yang unggul di Kota Medan.

Penandatanganan MOU dilakukan langsung oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Ngatemin, di kampus Politeknik Pariwisata Medan. Dalam sambutannya di hadapan sivitas akademika dan ratusan mahasiswa, Bobby Nasution menyatakan bahwa kerja sama ini diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang pariwisata. Salah satu bentuk dukungan yang disepakati adalah pemberian beasiswa kepada anak-anak Kota Medan.

“Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terjalinnya MOU ini. Melalui kerja sama ini, anak-anak di Kota Medan dapat memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Pariwisata Medan,” ujar Bobby Nasution.

Selain beasiswa, MOU tersebut juga mencakup program pemagangan bagi mahasiswa Politeknik Pariwisata Medan yang ingin melakukan praktik kerja lapangan di Pemko Medan. Bobby Nasution menekankan pentingnya penempatan yang tepat bagi mahasiswa magang, agar mereka mendapatkan pengalaman dan etos kerja yang baik setelah lulus.

Bacaan Lainnya

“Bimbingan SDM pariwisata yang baik sejak dini akan membantu meningkatkan sektor pariwisata. Ketika pariwisata berkembang, sektor-sektor lain juga akan ikut bergerak,” tambah Bobby Nasution.

Wali Kota Medan itu juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menggali lebih banyak potensi pariwisata di kota ini, sehingga dapat menjadi penopang ekonomi daerah. Ia juga memberikan bantuan modal usaha dan peluang promosi usaha kepada tiga mahasiswa yang telah memiliki usaha sendiri sebagai bentuk perhatian kepada para mahasiswa.

Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Ngatemin, menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Ia menjelaskan bahwa MOU ini sejalan dengan Tridharma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Setelah adanya MOU ini, kami akan melakukan perjanjian kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Medan dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kota Medan,” jelas Ngatemin. (SC03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *