99,13 Persen Warga Toba Terdaftar JKN-KIS, Bupati Poltak Sitorus Terima Penghargaan UHC Award

Toba – Pemerintah Kabupaten Toba meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari pemerintah pusat. Penghargaan tersebut diraih, karena 99,13 perse penduduk Kabupaten Toba sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Piagam penghargaan UHC diterima langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus, dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin, melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur, pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Adapun anugerah UHC Award Tahun 2024 yang didapatkan Pemerintah Kabupaten Toba adalah kategori UHC Pratama. Raihan prestasi tersebut sebagai bentuk penghargaan dari Pemerintah Pusat dan BPJS Kesehatan atas komitmen dan konsistensi Pemerintah daerah dalam mendukung JKN yang merupakan program prioritas Pemerintah Pusat.

Penghargaan UHC juga diberikan kepada 492 kepala daerah (provinsi dan kabupaten/kota) se-Indonesia yang memiliki capaian tertinggi dalam perlindungan BPJS untuk masyarakatnya.

Bacaan Lainnya

Bupati Toba Poltak Sitorus menyebutkan, berdasar data BPJS Kesehatan, tercatat per tanggal 1 Agustus 2024, capaian UHC di Kabupaten Toba mencapai 99,13% atau 215.620 jiwa dari jumlah penduduk sebanyak 217.728 jiwa. Capaian tersebut telah melampaui target nasional yang ditetapkan pemerintah, yaitu sebesar 98%.

Atas pencapaian tersebut, Bupati Poltak Sitorus mengungkapkan rasa syukur dan bangganya, ia juga mengucapkan terima kasih atas sinergi bersama BPJS Kesehatan Cabang Toba. Menurutnya keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran serta dan dukungan berbagai pihak.

“Ya, bersyukur hari ini Pemerintah Kabupaten Toba menerima penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, karena kinerja pemerintah yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan seluruh masyarakat Kabupaten Toba, mewujudkan layanan kesehatan yang 99,13% telah tercover BPJS. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus bekerjasama untuk meningkatkan pelayanan, dan kita wujudkan pelayanan yang prima dan tetap terjangkau. Dan terima kasih kepada BPJS atas layanan yang luar biasa selama ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa pihaknya akan terus berkomitmen meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat, dan menyempurnakan cakupan kepesertaan aktif, hingga target 100% warganya tercover BPJS pada 1 Agustus 2025 dapat tercapai.

Turut hadir bersama Bupati Toba, Kepala BPJS Toba Dolok Siagian, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Kadis Kesehatan Freddi Sibarani, Kadis Sosial Lalo Simanjuntak, Kadis Dukcapil Bonar Butarbutar, dan Plt. Kadis PMDPA Rafles Sergius Gultom. (SC-JT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *