Sumber: Facebook Info Sumut

Sumutcyber.com, Medan – Gubernur Sumut 2005-2008 Rudolf M Pardede meninggal dunia di RS Siloam Medan, Selasa (27/6/2023) malam. Gubernur Sumut ke-14 ini meninggal dunia di usianya yang ke-81 tahun.

Kabar duka ini disampaikan oleh Dinas Kominfo Sumut melalui akun Facebook Info Sumut.

Turut berduka cita atas berpulangnya Bapak Rudolf Pardede, Gubernur Sumatera Utara ke-14, periode 2005-2008, tutup usia 82 tahun, Selasa, 27 Juni 2023. Semoga mendapat tempat terbaik disisiNYA dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan,” tulis akun Facebook Info Sumut.

Dikutip dari laman Wikipedia, Drs. Rudolf Matzuoka Pardede (lahir 4 April 1942) adalah Gubernur Sumatra Utara di Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Sumatera Utara.

Dari pernikahannya dengan Vera Natari boru Tambunan, ia memperoleh empat orang anak: Yohana Pardede (almarhumah), Beby Fedy Camelia Pardede, Salomo Tabah Ronal Pardede, dan Josua Andreas Pardede.

Rudolf adalah putra Tumpal D. Pardede, seorang wirausahawan Sumatra Utara yang mempunyai usaha di berbagai bidang seperti perhotelan dan tekstil. Ia adalah pemimpin kelompok usaha keluarga ini yang bernama Pardedetex.

Rudolf menggantikan Gubernur Sumatra Utara, Rizal Nurdin yang tewas karena pesawat yang ditumpanginya jatuh pada tanggal 5 September 2005. Sebelumnya ia adalah Wakil Gubernur Sumatra Utara. Dari September 2005 hingga 8 Februari 2006, jabatannya adalah pelaksana harian Gubernur Sumatra Utara. Melalui Keputusan Presiden No. 27/2006, ia dikukuhkan sebagai Gubernur.

Rudolf ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sumatra Utara sesuai Keppres RI Nomor 27/ M Tahun 2006 tanggal 8 Februari 2006 tentang Pemberhentian Gubernur Sumatra Utara dan Pengangkatan Wakil Gubernur Sumatra Utara menjadi Gubernur Sumatra Utara. (SC03)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *