Sumutcyber.com, Toba – Sekretaris Pemerintah Kecamatan Balige sekaligus ketua panitia Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Balige tahun 2025, Nova Pardede menyampaikan berbagai usulan rencana program kegiatan yang diakomodir pada Musrembang desa dan kelurahan se -Kecamatan Balige yang telah dilaksanakan pada 19 hingga 25 Januari 2024 lalu.

“Terdapat 102 usulan dari seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Balige,” ungkap Nova saat menyampaikan laporan panitia pada acara Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Balige bertempat di gedung serbaguna HKBP Balige, Rabu (31/1/2024).

Nova menguraikan dari 102 usulan rencana kegiatan prioritas tersebut, terdapat 86 usulan kegiatan fisik dan 16 kegiatan non fisik. Dalam kesempatan ini, kami berharap peserta dapat memberikan saran dan masukan untuk membahas usulan ini, serta tetap selaras dengan top program Pemkab Toba yang memprioritaskan sektor pariwisata, pertanian dan   pendidikan ditambah sektor lainnya. Selanjutnya Nova meminta Camat Balige Partogi Tambunan untuk membuka secara resmi kegiatan tersebut. Sebelumnya kegiatan ini diawali doa pembuka dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Toba Poltak Sitorus, sejumlah Pimpinan Prangkat Daerah dan perwakilan, anggota DPRD St.Sabaruddin Tambunan dan Boy Antoni Simangunsong, unsur Forkopimca Balige, tokoh masyarakat/tokoh adat, para kepala desa, pimpinan dan perwakilan  prangkat desa, BPD dan lurah.

Dalam arahannya,  Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan bahwa semua usulan tersebut harus mendukung pertumbuhan sektor pariwisata, pertanian dan pendidikan yang menjadi program unggulan Toba dan pembangunan infrastruktur pendukungnya serta selaras dengan sektor lainnya. Dia juga membeberkan capaian kinerja pada ketiga sektor ini. Namun masih terdapat kekurangan yang harus dituntaskan. Oleh karenanya mari terus kita perbaiki (Pature Torus dan Torus Pature) ujarnya seraya mendapat sambutan setuju dari seluruh peserta.

Bupati Poltak Sitorus juga mengajak seluruh desa dan kelurahan agar berpartisipasi mensukseskan event internasional Power Boat (F1H2O) yang akan digelar kali kedua di Toba pada 23-25 Pebruari 2024.

“Jangan menjadi penonton, aktifkan UMKM masing-masing agar mendapat manfaat dari event ini maupun event-event lainnya, ajaknya. Dia juga mengajak peserta dan warga Kecamatan Balige agar mensukseskan Pemilu 2024 ini, berlangsung dengan aman dan damai tanpa ada konflik,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini, anggota DPRD Toba St. Sabaruddin bersama Boy Antoni Simangunsong, memberikan sejumlah saran kepada bupati dalam mewujudkan percepatan pembangunan menuju Toba Unggul Dan Bersinar.

“Masih banyak yang harus kita kerjakan. Kami siap mendukung Pemkab Toba dalam mewujudkan pembangunan yang merata melalui pokok-pokok pemikiran DPRD,” ucap keduanya

Dalam kesempatan ini, Pemkab Toba bekerjasama dengan UPT Pertanian Gurgur Aek Raja, memberikan bantuan bibit bawang merah kepada sejumlah kelompok tani di Kecamatan Balige. (SC-JT)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *