Sumutcyber.com, Toba – Sebagai bentuk implementasi dari pembentukan Satuan Karya Pengawasan Obat dan Makanan (Saka POM), Loka POM Toba melakukan Komunikasi, Informasi, dan Edukas (KIE) melalu sosialisasi Krida-Krida Saka POM.

Kegiatan ini dilakukan di Kantor Loka POM Toba Balige, Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara, Rabu (15/11/23) yang diikuti oleh 20 anggota pramuka dari beberapa SMA dan SMK yang ada di Balige yaitu SMA Negeri 1 Balige, SMA Negeri 2 Balige, SMA Swasta Bintang Timur Balige, SMA Swasta Yapim Balige, SMK Negeri 1 Balige, dan SMK Negeri 2 Balige.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Loka POM Toba Ashadi, Apt.,M.Si. Ada tiga krida pada Saka POM, yaitu pengujian sederhana obat dan makanan, pemantauan obat dan makanan, serta komunikasi informasi edukasi obat dan makanan.

Pada kegiatan ini diberikan sosialisasi terkait pemantauan dan pengujian sederhana. Narasumber dari Loka POM mengedukasi peserta terkait persiapan sebelum melakukan pemantauan dan bagaimana mengenali produk yang akan dipantau. Peserta juga diedukasi mengenai persiapan sebelum melakukan pengujian dan langkah-langkah melakukan pengujian.

Melalui sosialiasi ini Kepala Loka POM di Kabupaten Toba mengharapkan keterlibatan anggota pramuka dalam kegiatan Saka POM. “Dalam waktu dekat ini akan ada event besar di Kabupaten Toba yaitu Aqua Bike World Championship, anggota pramuka akan dilibatkan dalam pemantauan dan pengujian pada event tersebut. Juga pada kegiatan pemantauan dan pengujian menjelang Natal dan Tahun Baru, ” lanjut Kepala Loka POM Toba.

Anggota pramuka yang hadir pada kegiatan sosialisais tersebut terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini, hal ini juga tampak ketika sesi diskusi dan beberapa pertanyaan disampaikan peserta kepada para narasumber.

Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan anggota pramuka terkait Krida-krida Saka POM dan nantinya dapat diterapkan ketika anggota pramuka dilibatkan dalam kegiatan pemantauan dan pengujian sederhana. (SC-JT)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *