Kakankemenag Medan Kukuhkan Pengurus BKM Al Badar Masa Bakti 2021-2026

Sumutcyber.com, Medan – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Medan, Dr. H Impun Siregar, MA mengukuhkan pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM)  Al-Badar/Al Badar Center Medan masa bakti 2021-2026 di ruang masjid kantor tersebut, Senin (14/6/2021).

Impun menerangkan, SK yang diterbitkan telah menghimpun semua potensi yang ada dengan keyakinan akan mampu mengemban tugas mengelola dan mengembangkan Al Badar Center kedepan bagi kepentingan dan syiar agama yang lebih luas, utamanya dalam memberdayakan wakaf secara produktif.

Bacaan Lainnya

Ketua BKM, Drs. H Jaharuddin, S.Pd.I, MA menyampaikan komitmennya untuk menjadikan masjid yang posisinya demikian strategis yakni berada persis di depan Makodam I/BB serta sejumlah kantor dan pemukiman penduduk itu menjadi Al-Badar Center sebagai percontohan wakaf produktif Sumatera Utara.

Dia berharap program wakaf produktif yang telah dicanangkan sejak tahun 2005 lalu akan dapat terealisasi segera, sehingga keberadaan wakaf produktif ini dapat memberikan manfaat kepada umat.

Beberapa program penting yang akan dilaksanakan adalah menjadikan lantai 1 yang nantinya dapat dipergunakan umat sebagai convention center (hall) untuk multi kegiatan di antaranya pernikahan dan sebagai ruangan pertemuan-pertemuan lainnya. Penggunaan ruang pertemuan tersebut dapat dipergunakan ormasy-ormasy islam dan masyarakat lainnya sehingga akan terlihat apa yang menjadi program guna mewujudkan kemakmuran masjid.

Dia menyebutkan bahwa baik masjid dan hall tersebut secara bersamaan dapat digunakan oleh ormas  Islam khususnya untuk kegiatan memperdalam pemahaman keagamaan, peningkatan ekonomi umat melalui pemberdayaan UMKM, pendalaman tahfiz Quran, pembinaan masyarakat dan lain sebagainya.

Jaharuddin menjelaskan awalnya luas tanah masjid hanya 782 meter persegi, dan selanjutnya diperluas menjadi 5.268 meter persegi oleh Walikota Medan dimasa bapak Abdillah, dan selanjutnya masjid ini mendapat dana stimulan proyek percontohan wakaf produktif dari Kementerian Agama sebesar Rp. 2 M dan ditambah Rp. 4 M dari Pemko Medan.

Sementara Ketua Badan Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Drs. H Syariful Mahya Bandar, M. AP., menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya dengan pengukuhan tersebut guna membuktikan bahwa pemerintah secara resmi telah mensyahkan susunan pengurus BKM Masjid Al-Badar/Al Badar Center Medan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Menurut Dia, kalaupun ada  beberapa orang yang belum sepakat adalah hal yang wajar, apalagi sejarah berdirinya Masjid Al-Badar sebagai masjid percontohan wakaf produktif itu butuh waktu relatif panjang lebih kurang 10 tahun dengan beberapa dinamika yang cukup rumit serta membutuhkan kesabaran dan pemikiran serius dalam penyelesaiannya.

Acara Pengukuhan tersebut juga dihadiri pimpinan dan pengurus Ormas ormas Islam profesi seperti DMI Sumut, PAMK Sumut dan PAMK Kota Medan, BWI Sumut, IPQOH Sumut, BKPRMI Sumut. Turut memberikan sambutan dlm acr tersebut dari BWI Sumut dan Dr. H. Hasnan Syarief Panggabean, Mpd dari PAMK dan ditutup dengan doa oleh K.H. Akhyar Nasution Lc, MA dari MUI Sumatera Utara.

Adapun susunan pengurus BKM Al-Badar/Al-Badar Center, Ketua Umum Drs. H Jaharuddin, S. Pdi, MA., Ketua Harian I, H. Riza Syahbandi, S. Pd. I., Ketua Harian II, Ahmad Syafii, Sekretaris Umum drh. Sangkot   Sayuti Nasution M.Si, Bendahara Umum Dahrun Siregar. Kepengurusan dilengkapi beberapa seksi seksi-seksi lainnya.

Acara pengukuhan mendapat pengamanan penuh dari aparat Polsek Medan Sunggal dan partisipasi aktif dari FKPPI Sumut dengan mengerahkan 41 personilnya. (Rel/SC03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *