Catat Tanggalnya, Audisi Gita Bahana Nusantara 2024 Segera Dimulai

Sumber: Kemendikbudristek

Sumutcyber.com, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali menggelar audisi bagi putra-putri Indonesia yang memiliki bakat dan kemampuan seni musik untuk menjadi bagian dari Gita Bahana Nusantara (GBN) tahun 2024.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti mengatakan, GBN bukan sekadar kegiatan rutin melainkan sebuah proses kreatif dan kontemplatif yang tidak pernah berhenti guna menjawab tantangan perubahan zaman.

Bacaan Lainnya

“Melalui seni dan budaya, GBN diharapkan mampu menciptakan sebuah kondisi yang lebih baik bagi generasi muda, dalam wadah negara dan bangsa yang bersatu melalui kekayaan seni budaya,” ucap Irini, di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Irini menambahkan, GBN dapat menjadi wahana untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada kaum muda, memberikan pengetahuan dan pemahaman keragaman seni budaya Indonesia, sekaligus memberikan suntikan semangat bagi putra-putri terbaik ini untuk menjadi agen-agen perubahan dan pemajuan kebudayaan di daerah.

“GBN adalah representasi Indonesia mini, artikulasi musikal dalam sebuah ekspresi kultural,” tutur Irini.

Tentang Gita Bahana Nusantara

Sejak tahun 2003, GBN telah menjadi wadah ekspresi seni dan budaya bagi generasi muda dari Sabang sampai Merauke melalui pembentukan tim paduan suara dan orkestra yang ditampilkan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, GBN rencananya akan tampil di Ibu Kota Nusantara dalam rangka pendukungan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2024 tentang Panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

GBN menjaring generasi muda berusia 16–23 tahun dari seluruh Indonesia melalui proses audisi. Audisi GBN tahun 2024 terbagi menjadi dua, yaitu audisi orkestra dan audisi paduan suara. Audisi orkestra dibagi menjadi dua tahap, yaitu daring dan luring. Audisi orkestra secara daring dimulai pada 1 Maret s.d. 20 April 2024, di mana para pendaftar mengirimkan rekaman video sesuai dengan ketentuan pada petunjuk teknis yang kemudian dinilai oleh para dewan juri. Peserta yang lolos di tahap pertama akan melanjutkan ke tahap audisi luring yang berlangsung di tiga pilihan lokasi, yakni Yogyakarta, Jakarta, dan Balikpapan.

Sementara itu, audisi paduan suara dilaksanakan dalam rentang waktu bulan Maret s.d. minggu kedua bulan Juli 2024 di setiap provinsi. Pada setiap audisi paduan suara tingkat provinsi akan diambil maksimal 4 orang perwakilan terbaik dengan jenis suara sopran, alto, tenor, dan bas untuk mengikuti pemusatan latihan. Adapun, aspek-aspek penilaiannya meliputi materi suara, teknik vokal (intonasi, ritmik, interpretasi), kemampuan membaca notasi (prima vista), ambitus, dan jenis suara.

GBN 2024 nantinya akan terdiri dari 152 orang paduan suara dan 70 orang pemain orkestra hasil audisi dari seluruh Indonesia. Peserta paduan suara maupun orkestra yang sudah lolos audisi mengikuti proses pemusatan latihan yang akan dilaksanakan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur selama 18 hari pada bulan Agustus 2024.

Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, persyaratan dan petunjuk teknis audisi GBN 2024 dapat diakses mulai tanggal 1 Maret 2024 melalui tautan https://linktr.ee/gitabahananusantara dan melalui kanal media sosial Instagram @gitabahananusantara.ri.

Tampil beda di Ibu Kota Negara Baru

Peserta GBN Tahun 2024 akan tampil beda tahun ini. Mereka akan tampil di Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan Timur. Tampilan perdana ini tentunya menjadi pengalaman baru dan GBN akan mendapatkan kesempatan yang sama dengan Paskibraka. Mereka menjadi tim pengisi acara Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. (SC03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *