Bupati Toba Tinjau Perbaikan Jalan 7 Desa di Kecamatan Habinsaran

Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Sekda Augus Sitorus, Plt. Kadis PUTR Sofyan Sitorus, Kasatpol-PP Haryanto Butarbutar, Kabid Peralatan Dinas PUTR Maju Simangunsong dan Camat Habinsaran Mangisar Panjaitan meninjau perbaikan jalan 7 desa di Kecamatan Habinsaran, Minggu (19/5/2024). (Dok. Pemkab Toba)
Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Sekda Augus Sitorus, Plt. Kadis PUTR Sofyan Sitorus, Kasatpol-PP Haryanto Butarbutar, Kabid Peralatan Dinas PUTR Maju Simangunsong dan Camat Habinsaran Mangisar Panjaitan meninjau perbaikan jalan 7 desa di Kecamatan Habinsaran, Minggu (19/5/2024). (Dok. Pemkab Toba)

Toba – Usai melaksanakan ibadah pada Minggu (19/05/2024) di Gereja HKBP Dolok Nauli 2 Ressort Judika di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba, Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Sekda Augus Sitorus, Plt. Kadis PUTR Sofyan Sitorus, Kasatpol-PP Haryanto Butarbutar, Kabid Peralatan Dinas PUTR Maju Simangunsong dan Camat Habinsaran Mangisar Panjaitan meninjau perbaikan jalan 7 desa di Kecamatan Habinsaran.

Perbaikan jalan tepatnya pada ruas jalan Parsoburan-Lumban Balik-Lumban Lintong-Sibuntuon sepanjang 32 Kilometer merupakan jalan menuju 7 desa, yakni Desa Lumban Balik, Lumban Gaol, Lumban Lintong, Panamparan, Pararungan, Sibuntuon dan Pagar Batu. Selama ini kondisi jalan menuju 7 desa tersebut sering terputus akibat longsor.

Bacaan Lainnya

Dirinya juga menjelaskan, sudah satu bulan lebih Pemkab Toba menempatkan alat berat khusus untuk memperbaiki jalan tersebut, termasuk melakukan pelebaran. “Lokasi ini berjarak 32 Kilometer dari Parsoburan. Saat ini kita lakukan perbaikan dulu sepanjang 7 Kilometer, 1 bulan ini alat kita sudah ada di sini dan inilah hasilnya,” jelasnya.

“Tadinya ini sudah putus karena longsor, jadi terpaksa kita ambil dari sisi kanan ini, kita lebarkan 2,5 meter lagi,” lanjutnya menunjuk bagian jalan yang longsor.

Atas nama masyarakat setempat, Kepala Desa Lumban Lintong Rommel Sitorus menyampaikan rasa terimakasihnya atas perhatian Pemkab Toba dengan hadirnya alat berat untuk perbaikan jalan ini.

“Kami merasa sangat bersyukur atas kehadiran Pemkab di sini. Kalau kami bilang jalan ini ‘sudah martimus’, sangat baik. Kami sangat-sangat bersyukur, terimakasih kepada Pak Bupati,” katanya.

Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Lumban Gaol Matio Silaen. Menurutnya, hadirnya alat berat sejak sebulan terakhir ini memberi dampak besar terhadap perbaikan jalan menuju desa mereka.

“Sebelumnya jalan ini sangat susah, ada yang longsor, ada yang putus. Jadi selama satu bulan lebih alat berat Pemkab di sini, ada ini pelebaran jalan sekitar 500 meter dan selebihnya ada yang penimbunan jalan berlubang, termasuk pembersihan di sisi kiri-kanan badan jalan,” pungkasnya.

Meski demikian, dirinya tetap berharap ke depan Pemkab Toba bisa memberikan perhatian lebih serius lagi untuk 7 desa tersebut.

“Ya harapan kami ke depan bisa lebih diperbaiki lagi. Mungkin lapen, ya kalau bisa hotmix lebih baik lagi,” pintanya langsung kepada bupati. “Doakanlah ya kita bisa lanjutkan perbaikan jalan ini,” kata Bupati menimpali dengan raut senyum.

Usai meninjau perbaikan jalan tersebut, Poltak Sitorus bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Lumban Lintong dan bersilaturahmi dengan warga dari 7 desa yang ada di daerah tersebut. (SC-JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *