KPU Sumut Harap Paslon Fokus Visi Misi dalam Debat Pilgub

Medan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) berharap pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Sumut tahun ini mengedepankan visi dan misi pada debat pilkada perdana yang akan digelar Rabu, 30 Oktober 2024.

“Debat publik pasangan calon ini menjadi bahan pertimbangan masyarakat dalam memilih pemimpin mereka untuk lima tahun mendatang,” ujar Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang KPU Sumut, Robby Effendy, di Medan, Senin, 21 Oktober 2024.

Robby menjelaskan bahwa KPU Sumut akan memberi ruang kepada paslon untuk meyakinkan masyarakat dengan memaparkan visi, misi, serta program-program unggulan selama debat berlangsung.

Ia menambahkan, KPU Sumut memfasilitasi tiga kali debat publik untuk paslon gubernur dan wakil gubernur Sumut pada Pilgub 2024. Debat pertama akan digelar pada 30 Oktober, debat kedua pada 6 November, dan debat ketiga pada 13 November 2024.

Bacaan Lainnya

“Dalam debat pertama, KPU Sumut melibatkan sembilan panelis dari berbagai kalangan, termasuk profesional, akademisi, dan tokoh masyarakat Sumut. Para panelis harus memiliki integritas, jujur, simpatik, netral, dan tidak berpihak pada paslon atau tim kampanye,” jelasnya.

Robby juga menyebutkan bahwa penetapan sembilan panelis ini didasarkan pada keputusan KPU Nomor 272 Tahun 2024 tentang penetapan nama panelis debat publik pertama calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara 2024.

Robby menambahkan, tema yang diangkat dalam debat pertama adalah pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Debat perdana ini rencananya akan berlangsung di salah satu hotel di Kota Medan.

Kesembilan panelis yang terlibat adalah Nispul Khair (akademisi), Hatta Ridho (Dekan FISIP Universitas Sumatera Utara/USU), Dadang Darmawan Pasaribu (tokoh masyarakat), Hisarma Saragih (akademisi), Mahmul Siregar (Dekan Fakultas Hukum USU), Moammar Andar Roemare Siregar (profesional), Hasan Sazali, Mujahiddin, dan Zakaria Siregar.

“Semua debat pasangan calon dilaksanakan di Kota Medan, dan kami telah menetapkan tiga lokasi untuk debat tersebut,” ujarnya, tanpa menyebutkan detail lokasi debat.

Pilgub Sumut 2024 diikuti dua paslon gubernur dan wakil gubernur, yaitu Bobby Nasution-Surya dengan nomor urut 1 dan Edy Rahmayadi-Hasan Basri dengan nomor urut 2.

Pasangan Bobby Nasution-Surya diusung oleh gabungan partai politik, antara lain Gerindra, NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Demokrat, Perindo, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Adapun pasangan Edy Rahmayadi-Hasan Basri didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hanura, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, Gelora, dan Ummat. (SC02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *