PWI Sumut Akan Gelar Sekolah Jurnalisme Indonesia, Pj Gubsu Akan Berikan Kuliah Umum

Farianda Putra Sinik

Medan – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara akan menyelenggarakan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) pada 23 hingga 27 September 2024 di Hotel Grand Inna, Medan.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Dr. Drs. H. Agus Fatoni, M.Si., dijadwalkan memberikan kuliah umum perdana pada kegiatan tersebut.

Ketua PWI Sumut, H. Farianda Putra Sinik, S.E., yang didampingi oleh Sekretaris SR Hamonangan Panggabean dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sugiatmo, pada Jumat (20/09/2024) menyampaikan bahwa SJI kali ini merupakan yang pertama kali diadakan di Sumatera Utara.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi PWI Sumut sebagai penyelenggara pertama SJI di wilayah ini,” ujar Farianda.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Farianda menjelaskan bahwa para peserta SJI akan mendapatkan pembelajaran langsung dari para pengajar yang kompeten di bidangnya. “Pj Gubernur akan menjadi keynote speaker dan memberikan kuliah umum perdana,” tambahnya.

Pada acara pembukaan, beberapa pejabat penting akan turut hadir, termasuk Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, Kajati Sumut, serta Direktur BUMD dan BUMN. Selain itu, jajaran rektor universitas dan pimpinan redaksi media massa juga dijadwalkan hadir.

Sugiatmo, selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut sekaligus Kepala Sekolah SJI, menambahkan bahwa jumlah peserta SJI tahun ini mencapai 40 orang, terdiri dari anggota PWI Sumut, SMSI, JMSI, serta perwakilan dari Lembaga Pers Mahasiswa di Medan.

Acara pembukaan SJI akan dilakukan oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendry CH Bangun, yang akan membawakan materi “Wawasan Kebangsaan dalam Jurnalistik.”

Selama lima hari penyelenggaraan, peserta SJI akan menerima berbagai materi seperti “Mencari dan Mengembangkan Berita” yang akan disampaikan oleh Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, Dr. Suprapto, serta “Filosofi Profesi Wartawan” yang akan dibawakan oleh Wakil Rektor Universitas Medan Area, Assoc. Prof. Dr. Dedi Sahputra, M.A.

Materi lainnya termasuk “Integritas” oleh Ahmed Kurnia, “Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik” oleh Khairul Jasmi, “Berpikir Kritis dan Kreatif” oleh M. Nasir, “Teknik Wawancara” oleh Sugiatmo, M.A., dan “Jurnalisme Data, Visualisasi, dan Integritas” oleh Adek Media Roza.

Selain itu, materi “Fotografi” akan disampaikan oleh Alex Subhan, “Membangun Jaringan Kerja Wartawan yang Berintegritas” oleh Dr. Aqua Dwipayana, “Videografi dan Pemanfaatan AI” oleh Merdi Sofansyah, serta “Jurnalisme dan Etika Pemanfaatan AI” oleh Damar Junianto. Terakhir, Raditiyo Wicaksono akan memberikan materi “Jurnalisme Multi-Tasking.”

Para peserta yang dinyatakan lulus akan menerima sertifikat sebagai tanda kelulusan dari program SJI. (SC03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *