Tarian 8 Puak Etnis Batak dan Sigale-gale Semarakkan Side Festival PowerBoat 2024

Sumutcyber.com, Toba – Sejumlah festival diantaranya Tarian 8 Puak (tortor etnis Batak) akan memeriahkan festival seni dan budaya dalam menyemarakkan event internasional PowerBoat (F1H2O di Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumut, 2-3 Maret 2024.

Tarian 8 Puak akan dibawakan oleh 180 peserta anak-anaksiswa SMP dari beberapa kecamatan di Toba. Mereka diberdayakan untuk menyuguhkan tarian ini.

Bacaan Lainnya

Selain tarian tersebut, ada juga festival Competition Solo Bolon (sampan besar) yang diikuti 8 kabupaten sekawasan Danau Toba, performa artis lokal dan artis ibukota, yang akan memanjakan para pengunjung pada pelaksanaan kali kedua event F1H2O tersebut.

“Event tahun ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan. Panitia pusat, provinsi, daerah bersama stakeholder terkait, terus menjalin kolaborasi dalam mematangkan segala persiapan. Pengalaman pada pelaksanaan event pertama tahun 2023 lalu, menjadi evaluasi untuk lebih mengoptimalkan persiapan. Sejauh ini berlangsung sesuai jadwal,” terang Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Toba, Rusti Hutapea, Rabu (28/2/2024).

Terkait lapak atau tenda yang berada di sekitar venue utama bibir pantai Danau Toba, warga sekitar diberi ruang untuk mengelola secara mandiri. Warga diimbau untuk menyesuaikan tarif tiket dan harga makanan atau minuman.

“Jangan membuat penonton jera dengan harga yang semena-mena. Hal ini agar menjadi perhatian bersama. Selain itu, jangan lupa dengan tetap menjaga kebersihan lokasi masing-masing, kita harus tetap menjaga kebersihan,” tambah Rusti.

Tiket offline untuk menyaksikan festival, masih tersedia. Pembelian tiket offline ada di depan Kantor Dinas Pariwisata Toba. “Silahkan warga untuk membeli disini, petugasnya adalah dari event organizer. Mari kita sapa pengunjung dengan sikap dan kepribadian Batak Naraja” imbuh Rusti seraya mengajak seluruh elemen masyarakat Toba untuk memberikan dukungan dan atensi mensukseskan event ini. (SC-JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *