Sutarto, Legislatif PAW Pimpin DPRD Sumut

Ketua DPRD Sumut Sutarto (tengah) bersama anggota legislatif lainnya usai sidang paripurna di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol, Medan, Rabu (13/3/2024). (Ist)

Sumutcyber.com, Medan – Dr Sutarto MSi resmi ditetapkan sebagai Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara sisa periode 2019-2024, menggantikan Drs Baskami Ginting yang meninggal dunia.

Penggantian jabatan ketua DPRD Sumut ini dilakukan lewat sidang paripurna di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol, Medan, Rabu (13/3/2024).

Bacaan Lainnya

Sidang paripurna dipimpin Wakil Ketua I, Harun Mustafa Nasution didampingi para wakil ketua lainnya, Rahmansyah Sibarani dan Irham Buana Nasution. Turut hadir Sekdaprov Sumut, Arief S Trinugroho mewakili Penjabat Gubsu, Hassanudin.

Sekretaris DPRD Sumut, Zulkifli, menyampaikan bahwa penunjukkan nama Sutarto sebagai Ketua DPRD Sumut menggantikan almarhum Baskami Ginting sejak 4 Maret 2024 oleh Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Hal ini sebagaimana merespon surat dari pihaknya, agar di sisa masa jabatan ketua DPRD Sumut 2019-2024 dapat segera ditetapkan oleh PDIP.

Sutarto menaruh rasa hormat kepada Almarhum Baskami Ginting. Ia mendoakan agar Baskami Ginting mendapat tempat terbaik di Surga.

“Yang kedua, tentu ini menjadi amanah bagi saya untuk dijalankan ke depan. Saya mohon doanya, saya mohon supportnya, mohon juga masukan terutama teman-teman dari media,” ujarnya menjawab wartawan usai paripurna.

Ia mengajak semua pihak terutama Forkopimda untuk saling bersinergi membangun kondusivitas Sumatera Utara.

Sebelumnya, Sutarto menjadi anggota DPRD Sumut PAW (Pengganti Antar Waktu) menggantikan anggota F-PDI Perjuangan Kiki Handoko Sembiring, pada Desember 2021 lalu.

“Semua kita serahkan kepada Allah SWT,” tutur sekretaris PDIP Sumut tersebut sembari tersenyum.

Sinergitas

Arief S Trinugroho mengaku selalu membangun sinergitas dan komunikasi yang baik dengan legislatif. Menurutnya Pemprov Sumut tidak mungkin dapat bekerja sendirian dalam membangun provinsi ini, tanpa dukungan dari legislatif.

Secara pribadi, dirinya mengaku mengenal dengan baik siapa Sutarto terutama soal gaya komunikasinya.

“Saya kenal betul bagaimana profil beliau, gaya komunikasinya ini akan menjadi modal utama dalam kami bekerjasama dan bersinergi,” katanya.

Setelah dilantik nanti, Arief mengaku Sutarto sebagai koordinator DPRD Sumut akan mampu mensinergikan segala aspek antara eksekutif dan legislatif guna melanjutkan semua program pembangunan di Sumut pada tahun ini.

Menurut Sekretaris DPRD Sumut, Zulkifli, pelantikan Sutarto sebagai ketua DPRD Sumut masih menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri.

“Setelah nanti proses administrasi ini clear, maka kita akan segera lantik melalui sidang paripurna kembali,” pungkasnya. (SC03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *