Setelah UEA, Kini Arab Saudi Dukung Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20 pada 2027

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo disambut hangat oleh Wakil Menteri Olahraga Arab Saudi H.E. Bader Alkadi pada hari Rabu (1/5/2024). (Dok. Kemenpora)

Jakarta – Gerilya Menpora RI Dito Ariotedjo untuk mendulang dukungan negara-negara lain agar Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U20 tahun 2027 melalui proses bidding kembali berhasil. Setelah Uni Emirat Arab yang menyatakan dukungan, kini giliran Arab Saudi yang menyatakan sikap sama mendukung Indonesia.

Dukungan tersebut didapat saat Menpora Dito melakukan kunjungan kerja ke kantor Kementerian Olahraga Arab Saudi dan disambut hangat oleh wakil menteri H.E. Bader Alkadi pada Rabu (1/5/2024).

Bacaan Lainnya

Pertemuan ini pun didasari oleh perjanjian kerjasama yang telah sepakati sebelumnya di bulan Oktober 2023 lalu, terkait program-program strategis pertukaran kepemudaan dan atlet, serta pengembangan industri olahraga kedua negara.

“Alhamdulillah, setelah mendapat dukungan dari UEA, kini dukungan juga kita dapat dari pemerintah Arab Saudi yang mendukung kita untuk menjadi tuan rumah perheltan Piala Dunia U20 pada tahun 2027 mendatang,” ucap Menpora Dito dalam keterangannya kepada awak media.

“Meski hari ini diungkapkan masih secara verbal, namun dalam waktu dekat dukungan tersebut akan dilakukan melalui nota diplomatik dan hal ini kita lakukan juga terhadap negara-negara lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Menpora asal partai Golkar itu mengatakan jika pada bulan Oktober 2023 lalu, Presiden Joko Widodo juga telah menyerahkan surat dukungan Indonesia untuk pemerintah Arab Saudi menjadi tuan rumah FIFA World Cup 2034. Alhasil FIFA melalui Presiden Gianni Infantino memastikan jika perhelatan Piala Dunia edisi ke-24 pada tahun 2034 akan berlangsung di Arab Saudi.

Sebagai timbal baliknya, Menpora Dito juga mengatakan bahwa Arab Saudi meminta agar atlet Sepak Takraw dan Badminton Indonesia untuk dapat bertukar pengalaman dan pembinaan dengan tujuan untuk saling menguatkan talenta olahraga antar kedua negara.

Atas permintaan itu, Menpora Dito pun menyanggupi. “Harapannya, pertemuan serta program yang akan dijalankan bersama dapat terus memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi serta kemajuan bagi kedua negara,” pungkas Dito. (SC03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *