Sambut Pilkada Serentak 2024, Pj Gubernur Sumut Minta Satpol PP, Satlinmas, Damkar Siap Siaga dan Profesional

Sumutcyber.com, Medan – Guna menyambut pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024 mendatang, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, membagikan pesan penting kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas), dan Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Pengalaman dari pilkada sebelumnya dan pemilu tahun ini, akan menjadi landasan kuat. Saya berharap, para petugas dapat menjalankan tugas-tugasnya secara efektif dan profesional,” ungkap Hassanudin, di Lapangan Astaka, Jalan Pancing, Medan Estate, Kamis (7/3/2024). 

Bacaan Lainnya

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar tahun 2024, Hassanudin mendorong untuk menjadikan momen tersebut sebagai refleksi. Ia menekankan sikap tegas namun tetap humanis, proaktif dalam mencermati kondisi di wilayah masing-masing, dan konsisten menjaga citra serta wibawa penyelenggaraan pemerintahan.

Hassanudin juga memberikan arahan kepada anggota Satlinmas untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib selama pelaksanaan pilkada. “Melalui kesempatan ini, saya mendorong kerjasama dan kolaborasi dengan TNI/Polri dan Forkopimda untuk memantau harga bahan pokok, memastikan stok dan stabilitas harga, serta ketersediaan bahan bakar,” tegasnya.

Hassanudin juga memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar atas dedikasi dan loyalitas mereka. Ia mengingatkan pentingnya terus meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dengan semangat, kompetensi, dan profesionalitas.

Hassanudin juga menuturkan tentang peran strategis Satpol PP dalam menciptakan situasi kondusif, terutama selama tahapan pemilihan presiden dan legislatif pada 14 Februari 2024 lalu. Satpol PP menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan pemilu melalui penertiban alat peraga kampanye, distribusi logistik, dan hal teknis pendukung lainnya.

Selain itu, peran Satlinmas juga disoroti, terutama dalam menciptakan situasi kondusif di luar tempat pemungutan suara. Hassanudin memberikan apresiasi atas pelaksanaan pemungutan suara yang aman, lancar, dan kondusif pada 14 Februari lalu, serta memberikan penghargaan kepada Satpol PP dan Satlinmas atas dedikasi dalam mendukung ketentraman masyarakat.

Pj Gubernur Sumut juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan, yang berkiprah gemilang dalam mencegah kebakaran, menyelamatkan kehidupan, dan melindungi properti.

Saat ini, jumlah Satpol PP mencapai 8.233 personel, Satlinmas di seluruh Sumut terdiri dari 63.556 personel, dan anggota pemadam kebakaran 2.477 personel. Hassanudin berharap agar ketiga satuan tersebut dapat bekerja sama dan bersinergi dengan TNI/Polri untuk menjaga stabilitas keamanan, terutama pasca pemungutan suara yang berpotensi menimbulkan konflik.

Hassanudin menekankan, ancaman faktual pada masa penghitungan suara melibatkan penolakan hasil pemilu, provokasi terhadap hasil pemilu, kerusuhan massa, serta teror dan sabotase. Karena itu, ia menyerukan kepada seluruh jajaran Satpol PP, Satlinmas, Dan Damkar, agar selalu bersikap proaktif dalam mencermati kondisi di wilayahnya untuk menjaga stabilitas dan keamanan dengan mengedepankan humanisme dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Selain tugas-tugas terkait Pilkada Serentak, Hassanudin juga mengingatkan Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi daerah serta menjaga stabilitas dan distribusi bahan pokok masyarakat. “Hal ini melibatkan pengawasan terhadap praktik-praktik penimbunan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. (SC02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *