Sumutcyber.com, Medan – Prestasi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) mengalami peningkatan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 36 tahun 2023 yang digelar di Universitas Padjajaran, Bandung. Setelah di tahun sebelumnya USU hanya mendapat 1 perunggu dan 1 juara favorit, kini USU memboyong tiga medali yakni 2 medali perak dan 1 juara favorit. Tidak hanya itu, USU juga mendapatkan juara 2 dan juara 3 untuk ajang non-PIMNAS yang baru diperlombakan tahun ini.

Rektor USU Prof Muryanto Amin, SSos, MSi, mengatakan USU berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan prestasi mahasiswa yang berkelanjutan. PIMNAS sendiri merupakan kompetisi yang cukup ketat dan membutuhkan persiapan yang matang.

“Kenaikan grafik prestasi mahasiswa di PIMNAS 36 tahun 2023 menjadi tolok ukur bahwa pembinaan prestasi mahasiswa kita sudah mengarah ke arah yang tepat, hanya tinggal konsistensi dan peningkatan serta kerja sama yang solid agar mahasiswa-mahasiswa kita terus berprestasi,” ujarnya.

Kepada para delegasi USU, baik yang meraih medali ataupun tidak, rektor mengucapkan terima kasih atas usaha yang telah dilakukan. Kepada yang meraih medali, kiranya ke depan bisa menjadi mentor untuk adik-adiknya, sementara yang belum kiranya pengalaman kompetisi nasional dapat dijadikan sebagai bagian pembentukan karakter seorang pembelajar yang tangguh untuk bekal di masa depan.

“Kita patut memberi semangat dan kepercayaan kepada Tim USU peraih medali PIMNAS 2023. Proses panjang dalam seleksi dan kompetisi yang diikuti di PIMNAS akan memberi banyak pelajaran dan pengalaman bagi USU agar meningkatkan perolehan juara tahun 2024,” ujarnya.

Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, MA mengatakan, strategi pembinaan dan pengelolaan bibit-bibit mahasiswa berprestasi melalui PKM Center dan Corner mulai menuai hasil yang baik.

“Kita akan melakukan evaluasi untuk hasil tahun ini dan akan bersiap untuk proses berjenjang penerimaan dan evaluai proposal mahasiswa untuk ajang PIMNAS 37 yang akan diselenggarakan Universitas Airlangga di Surabaya tahun depan,” ujarnya.

Dr Edy menjelaskan kepada seluruh mahasiswa yang telah mengikuti proses PKM (mulai dari PKP 1 sampai ke Pimnas) akan mendapatkan rekognisi SKS di masing-masing prodi sesuai dengan kebijakan nasonal dan internal USU. Selain itu bagi mereka yang mendapatkan medali di PIMNAS, USU akan memberikan hadiah dalam malam anugrah prestasi yang akan dipertengahan Desember ini.

“Rektor dan seluruh unsur pimpinan mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh mahasiswa, dosen pendamping, pelatih, PKM Center dan Corner serta  Direktorat Prestasi Mahasiswa yang telah membawa nama baik Universitas Sumatera Utara,” ujarnya.

Adapun mahasiswa USU yang mendapat medali di antaranya Tim Toba Ecotherapy: “Pusat Rehabilitasi Berbasis Green Architecture sebagai Upaya Penyembuhan Diri Demi Mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba” dengan Ketua Tim Mhd. Irsan (FT), Anggota Ichsannuddin (FT), Indah Mutya Sari (FT), M. Tito Apriandi Nasution (FT), Abdillah Thoha (FT) untuk Kategori Silver Medal Poster PKM-VGK.

Berikutnya, Tim Smart Comic Learning Berbasis Augmented Reality (SCOLAR) sebagai Edukasi Pencegahan Perundungan Anak Sejak Dini dengan Ketua Tim  Mhd. Afifan Aly Rahman Saragih (FASILKOM TI) Anggota Ridha Arrahmi (FASILKOM TI), M.D. Arbani Asfi Dalimunthe (FASILKOM TI), Jernih (FEB), Annisa Cahyani (FASILKOM TI) untuk  Kategori Silver Medal Poster PKM-K.

Sementara Potensi Bio-silika dari Limbah  Kelapa Sawit sebagai Perehebilitasi Lahan Marginal Kering pada Tanaman Jagung (Zea mays L.) dengan Ketua Tim Agris Soufri Laila (FP), Anggota Kemal Bakhtiar Rahman (FP), Safira Azkia (FMIPA), Muhammad Rafli (FT) untuk Kategori Presentasi favorit kelas PKM-RE 6. (SC08)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *