Peringati Harhubnas 2023, Ribuan Keluarga Besar Dishub Medan Ikuti Gerak Jalan Santai

Sumutcyber.com, Medan – Seribuan pegawai dan keluarga Dinas Perhubungan (Dishub) Medan mengikuti gerak jalan santai, Minggu (15/10/2023).

Perhelatan yang disemarakkan doorprize dengan berbagai hadiah menarik antara lain ponsel, sepeda gunung, sepeda listrik, televisi, dan sepeda motor itu puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 yang digelar Dishub Medan.  

Keceriaan dan kekompakan sangat terasa pada kegiatan yang dipusatkan di Taman A Yani Medan itu. Tidak lama matahari terbit, segenap pegawai dan keluarga besar Dinas Perhubungan telah terkonsentrasi di taman yang menjadi titik start jalan santai tersebut. Dengan mengenakan kaos yang disediakan panitia, penuh semangat mereka berbaris dan menunggu aba-aba berjalan. 

Pelepasan jalan santai dilakukan oleh Wali Kota Medan diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Agus Suriyono. Kepala Bappeda Benny Iskandar dan Kepala Dinas Perhubungan Iswar Lubis pun turut mendampingi Agus mengangkat bendera sebagai tanda start gerak jalan.

Usai jalan santai dan kembali ke Taman A Yani, peserta gerak jalan menikmati sarapan bersama yang disiapkan penyelenggara. Selain di bawah tenda acara, tidak sedikit pula peserta gerak jalan duduk lesehan di Taman tersebut.

Usai sarapan, peserta berkumpul di depan panggung. Kepada seluruh jajarannya itu, Kepala Dinas Perhubungan Medan Iswar Lubis mengingatkan, tantangan perhubungan ke depan sangat dinamis dan itu semua akan dapat dihadapi dengan kekompakan dan kebersamaan.

Iswar menekankan, ke depan banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan Dinas Perhubungan Medan. Salah satunya adalah pengembangan Intelligent Transportation System (ITS).

“Kamera ITS ini nantinya sudah bisa mendeteksi banjir, genangan air, ketinggian air sungai,” sebutnya seraya mengatakan, pihaknya juga akan mewujudkan  penerangan jalan umum yang smart.

Dia menambahkan, angkutan umum juga akan menjadi angkutan umum massal. “Ada 17 koridor, insya Allah mulai tahun ini, ada lajur khusus, dan 50 persennya menggunakan bus listrik,” paparnya.

Pengembangan ini, lanjut Iswar, pekerjaan rumah yang harus dikerjakan dengan rasa kebersamaan, termasuk perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, Dishub Provinsi, maupun kabupaten/kota yang bertetangga dengan Medan.

Dalam kesempatan itu, Iswar meminta jajarannya tetap membuka diri untuk berkembang, dan berinovasi, serta tidak jenuh belajar.

“Yang paling utama adalah jaga kekompakan kita. Saya yakin dengan kegiatan ini bisa menyatukan suara kita guna melaju untuk transportasi maju,” ungkap Iswar menyitir tema Peringatan Hari Perhubungan Nasional, ‘Melaju untuk Trasportasi Maju’.

Perhelatan ini jauh dari kesan formal. Iswar pun tidak berbicara panjang.  Namun, semangat kebersamaan dan jalinan silaturahmi yang kuat tampak mencuat dalam perhelatan itu. (SC03)

Bacaan Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *