Sen. Mei 20th, 2024

Peningkatan Kualitas Keluarga, Puluhan Ibu Ikuti KB di Silaen, Toba

By Redaksi Apr22,2024

Toba – Guna meningkatkan kualitas keluarga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba melaksanakan penanaman Keluarga Berencana (KB) Spiral dan Implan terhadap 30 orang ibu di Puskesmas Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Senin (22/04/2024).

Selain penanaman alat KB, juga terdapat 3 ibu yang melakukan pencabutan alat KB karena ingin punya anak kembali.

“Ada 33 peserta, terdiri dari 33 peserta penanaman alat KB dan 3 peserta pencabutan implan,” kata Floria Marpaung selaku Kepala Bidang KB Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Toba.

Para peserta dalam program KB gratis ini dibebaskan untuk memilih KB Spiral ataupun KB Implan.

“Jadi kita jelaskan kepada para Ibu, kalau Spiral itu 8-10 tahun sementara kalau Implan itu 3 tahun. Jadi kita jelaskan semuanya, mereka yang pilih mau program yang mana,” sebut Floria Marpaung sembari menyebut terdapat 17 peserta memilih program implan dan 13 memilih program spiral.

Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Juliwan Hutapea serta Camat Silaen, Tumpal Panjaitan turut hadir dan menjelaskan secara langsung manfaat dan tujuan program KB tersebut.

“Ini tujuannya adalah untuk peningkatan kualitas keluarga. Jika kualitas anak bagus, masa depannya pasti bagus,” kata Poltak Sitorus kepada para peserta.

Poltak Sitorus menjelaskan bahwa kualitas anak jauh lebih penting daripada kuantitas.

“Jangan nanti banyak anak tetapi stunting. Jadi lebih baik anak cukup dan sehat,” tambahnya.

Kendala program KB selama ini adalah karena kelahiran anak laki-laki dalam sebuah keluarga Batak seolah menjadi kewajiban karena faktor marga. Meski begitu, Poltak Sitorus menjelaskan bahwa keberadaan anak laki-laki dan perempuan sama.

“Jadi selama ini anaknya sampai 10 karena harus ada laki-laki, padahal anak laki-laki dan perempuan itu sama. Jadi sekali lagi yang terpenting adalah kualitas keluarga,” ujarnya mengakhiri. (SC-JT)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *