Penguatan Ketahanan Pangan, Pemdes Aek Bolon Julu Salurkan Bibit Jagung

Toba – Pemerintah Desa (Pemdes) Aek Bolon Julu Kecamatan Balige Kabupaten Toba, terus berupaya meningkatkan penguatan ketahanan pangan (Ketapang) terhadap warganya, kali ini melalui penyaluran bibit jagung.

“Pemdes berharap agar bibit ini hendaklah di tanam dan dirawat untuk memperoleh hasil dalam upaya menguatkan program Ketapang,” ucap Kepala Desa Aek Bolon Julu Sintong M. Siahaan usai memberikan bibit jagung bagi 81 KK warganya di Kantor Desa Aek Bolon Julu, Rabu (19/6/2024).

Selain penyaluran bibit jagung, kegiatan ini juga dirangkai dengan upaya penanganan stunting berupa penyerahan makanan tambahan bagi 5 anak penderita stunting. Anggaran pembiayaan penyaluran bibit jagung dan makanan tambahan bagi anak stunting bersumber dari Dana Desa Tahun 2024.

Dana Desa Tahun 2024 juga dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan perkerasan jalan desa, pungkas Sintong Siahaan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Toba Poltak Sitorus, Kadis Ketapang Darwin Sianipar, kadis Pertanian Joni Hutajulu, Kasubbag Umum Dan Kepegawaian Kecamatan Balige Rianto Siagian, Bhabinsa, unsur lembaga desa, Pendamping Desa, PPL dan masyarakat.

Dalam arahannya, Bupati Poltak Sitorus mengajak warga untuk gigih bertani. Manfaatkanlah bantuan ini dengan menanam dan merawatnya sehingga memproleh hasil panen yang bagus.

“Selain itu jaga pola hidup sehat khususnya ibu sejak hamil dan bayi untuk mencegah stunting,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, warga mengeluhkan kondisi jalan rusak dan ketersediaan pupuk. Hal ini langsung disikapi Bupati.

“Kuota ketersediaan pupuk bersubsidi untuk tahun ini sudah bertambah. Nanti Kelompok tani agar berkomunikasi dengan Dinas Pertanian. Demikian halnya dengan perbaikan jalan, kami telah memetakan prioritas perbaikan jalan. Jadi mohon bersabar ya, mari kita bersama-sama terus melakukan perbaikan (Pature Torus, Torus Pature),” ucap Poltak yang langsung disambut tepuk tangan warga. (SC-JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *