Sumutcyber.com, Asahan – Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si, resmi menutup pelatihan berbasis kompetensi Tailor Made Training dan pelepasan Pemberangkatan Calon Pekerja Migran Indonesia warga Asahan ke Jepang di Aula Rumah Dinas Bupati Asahan pada Rabu (29/11/2023).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten Asahan, Dra. Meilina Siregar, M.Si, menjelaskan bahwa tujuan pelatihan adalah meningkatkan kemampuan kompetensi angkatan kerja, kualitas, dan produktivitas angka kerja. Selain itu, memberikan bantuan perlatan dan permodalan kepada peserta pelatihan untuk diberdayakan menjadi wirausaha mandiri serta memberdayakan LPK yang sudah kompeten di Kabupaten Asahan.

Pelatihan Tailor Made Training melibatkan 320 peserta dengan beragam kejuruan, seperti menjahit pakaian wanita, tata kecantikan rambut, commercial cookery, teknisi telepon seluler, bakery, make up artist, dan lainnya.

Wakil Bupati Asahan, dalam pidatonya, menyampaikan terimakasih kepada Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan dan Baznas Kabupaten Asahan atas penyelenggaraan pelatihan Tailor Made Training. Ia juga menjelaskan bahwa konsep Tailor Made Training berbasis penempatan tenaga kerja dan dilakukan atas dasar kesepakatan kerja sama.

Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan menyambut baik kerjasama dengan BBPVP Medan dan Baznas Kabupaten Asahan dalam meningkatkan keterampilan tenaga kerja. Wakil Bupati secara resmi menutup kerjasama tersebut untuk tahun 2023.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Asahan melepas Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) warga Kabupaten Asahan yang berangkat kerja ke Jepang. Mereka merupakan alumni pelatihan berbasis kompetensi BBPVP Bandung dan alumni pelatihan bahasa Jepang pada BBPVP Medan, diwakili oleh sdr Miftahul Fadli.

Acara juga melibatkan penampilan fashions show dan peninjauan UMKM yang merupakan hasil karya peserta pelatihan Tailor Made Training tahun 2023, dihadiri oleh Wakil Bupati Asahan, Ketua Baznas Kabupaten Asahan, Ketua Afindo, pemilik LPK, instruktur, dan tamu undangan lainnya. (SC03)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *