Sen. Mei 20th, 2024

MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan Resmi Dibuka

By Redaksi Apr24,2024

Asahan – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan di Jalan Lintas Sumatera depan Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Rabu (24/4/2024), berlangsung meriah.

Kemeriahan ini terlihat dari semangat para Kafilah dari 25 Kecamatan yang mengikuti pawai yang dilepas oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc.

Lambaian tangan dan teriakan dari para Kafilah menambah semarak pawai tersebut, yang dibalas dengan senyuman dan lambaian tangan oleh Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Dandim 0208/Asahan, mewakili Danlanal TBA, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati Asahan, OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua DWP Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Usai melepas pawai Bupati Asahan beserta Forkopimda Kabupaten Asahan menuju mimbar utama yang berada di Gedung Tahfidz Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran untuk membuka pelaksanaan MTQ tersebut.

Di lokasi ini juga berbagai pertunjukan disajikan oleh para siswa/siswi yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan untuk menghibur Forkopimda Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya, sebelum pembukaan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan dibuka secara resmi oleh Bupati Asahan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si selaku panitia penyelenggara MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan dan Pameran dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Asahan ke-55 menyampaikan dasar kegiatan ini adalah Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-42.1-1.3 Tahun 2024 Tanggal 22 April 2024 tentang pembentukan panitia dan penyelenggaraan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 serta Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-24.2-4.15 Tahun 2024 Tanggal 23 Februari tentang pembentukan penitia pelaksana peringatan Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan Tahun 2024.

Selanjutnya John menyampaikan pelaksanaan ini dilaksanakan selama 7 hari sejak tangga 24-30 April 2024.

Lebih lanjut John melaporkan, MTQ ini diikuti oleh 25 Kecamatan dengan jumlah peserta 771 orang. Adapun cabang yang dipertandingkan Cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Qur’an, Hifzhil Al-Hadits, Tafsir Al-Qur’an, Qiro’at Al-Qur’an.

“Bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan berupa Piagam, Throphy dan uang tunai”, tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, MH mengatakan, MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Namun hal tersebut jangan dianggap sebagai sebuah tradisi tanpa ada pesan Dakwah Islam didalamnya.

Jadikan MTQ ini sebagai pondasi generasi muda yang peduli, kreatif dan senantiasa melakukan perubahan kearah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi yang berkualitas”, ujar Beliau.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya H. Surya, BSc menerima simbolis dana CSR dari PT BANK SUMUT Cabang Kisaran senilai 233.328.957 untuk pembangunan sarana tempat Sholat di Taman Hutan Kota Taufan Gama Simatupang Kisaran yang diserahkan oleh Pimpinan PT BANK SUMUT Cabang Kisaran.

Bupati Asahan pada bimbingan dan arahannya mengatakan, penyelenggaraan MTQ harus kita jadikan sebagai media dakwah dan syi’ar keagamaan yang efektif.

Secara nyata telah terbukti MTQ mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Diharapkan penyelenggaraan MTQ bisa menggairahkah semangat masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi ummat.

“Patut kita syukuri bahwa dari Tahun ke Tahun kualitas peserta Musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain, meski belum maksimal sepenuhnya. Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri”, ungkapnya.

Selain itu Bupati berharap kepada para qari, qori’ah, hafidz, hafizhah dan para penggiat Al-Qur’an lainnya untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur’ani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat diperhitungkan pula dari segi kemampuan dan kualitas. Kegiatan MTQ ini dirangkaikan dengan pelaksanaan Asahan Expo dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Asahan yang ke-78, sebagai kegiatan yang dapat mempublikasikan pembangunan yang sudah ada mempromosikan produk-produk unggulan kecamatan, menampilkan potensi budaya, dan pariwisata, yang diharapkan nantinya dapat bersaing dengan daerah lain.

Disamping itu hendaknya momentum kegiatan ini menjadi sarana pengetahuan dan pendidikan serta informasi bagi masyarakat di Kabupaten Asahan. Dalam kesempatan ini juga saya atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan CSR PT BANK SUMUT tas pembangunan ruang Shalat di Taman Hutan Kota Kisaran semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, kepada seluruh kafilah Bupati mengharapkan agar adik-adik dan saudara-saudara sekalian dapat nampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaannya nanti akan mendapatkan qari dan qariah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan, yang akan menjadi Duta Kabupaten Asahan pada event seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi dan Nasional.

“Kepada dewan hakim, sesuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Kegiatan ini diakhir dengan penekanan sirena dan pelepasan balon oleh Bupati Asahan bersama Forkopimda Kabupaten Asahan. Dilanjutkan dengan peninjauan stand Asahan Expo di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran. (SC-Denny)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *