Rapat Kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut Tahun 2024 di Ballroom Grand Mercure Hotel Jalan Sutomo Nomor 1 Medan, Sabtu (3/2/2024). (Sumber: Diskominfo Sumut)

Sumutcyber.com, Medan – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin berharap Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, terus tingkatkan pembinaan. Dia juga menyarankan KONI kembali merestrukturisasi Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga  (Cabor) yang vakum.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat menghadiri Rapat Kerja KONI Sumut Tahun 2024 di Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo Nomor 1, Medan, Sabtu (3/2/2024). Ini bertujuan agar semakin banyak atlet-atlet berkualitas dari berbagai Cabor yang lahir dari Sumut.

“Saat ini masih banyak Pengprov Cabang Olahraga yang vakum dan kurangnya perhatian pada pembinaan dan pengembangan atlet, hal ini harus menjadi perhatian KONI Sumut, untuk membina dan merestrukturisasi Pengprov Cabor yang vakum,” kata Hassanudin.

Selain itu, Hassanudin juga meminta kepada KONI untuk fokus pada persiapan penyelenggaraan PON 2024, serta memastikan kesiapan atlet-atlet. Persiapan ini, menurutnya harus benar-benar matang agar Sumut bisa memenuhi target yang telah ditentukan.

“Saya harap program kerja yang dihasilkan menunjang semua kebutuhan kita, baik itu pembinaan yang lebih baik lagi, sehingga menghasilkan atlet yang mumpuni untuk jangka panjangnya dan di PON untuk jangka pendek, minimal berada di posisi 5 besar,” kata Hassanudin.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh organisasi dan stakeholder terkait untuk menyatukan tekad dan bekerja sama dalam menyukseskan PON 2024. Apalagi, penyelenggaraan PON kali ini berada di dua provinsi, sehingga dibutuhkan komunikasi dan koordinasi yang kuat.

“Terus bekerja keras, bahu membahu, mendukung dan menyukseskan PON 2024 Aceh-Sumut, sehingga dengan suksesnya PON kali ini akan mengukir sejarah baik kepada anak cucu kita kelak,” kata Hassanudin.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, saat ini terdapat 1.119 atlet yang sedang mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda). Kemudian ditambah dengan pelatih sebanyak 226 orang, ini merupakan kontingen terbanyak PON 2024 Aceh-Sumut.

“Per 1 Januari, 1.119 atlet sudah melakukan Pelatda, ditambah pelatih menjadi 1.345 orang, kita kontingen terbanyak di susul DKI Jakarta dan Jawa Barat,” kata John Ismadi Lubi.

John Ismadi Lubis berharap anggaran yang disiapkan Pemprov Sumut untuk KONI di tahun ini cukup untuk menyelenggarakan program-program yang sudah disusun. Hal ini bertujuan agar target yang telah ditentukan bisa dicapai.

“Kami dalam menyusun program ini bercita-cita agar kita dapat meraih prestasi yang diinginkan nantinya di PON 2024. Kami berharap anggaran yang disiapkan bisa mencukupi karena kita kontingen yang terbesar sebagai tuan rumah,” kata John Ismadi Lubis.

Hadir pada Raker KONI Sumut 2024 ini Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian beserta OPD terkait lainnya. Hadir juga Pengprov dan Pengcab Caborr seluruh Sumut beserta jajaran KONI Sumut. (SC03)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *