Sel. Mei 21st, 2024

Klarifikasi IKA SMANDA Balige atas Aksi Sekelompok Orang Di Dinas Pendidikan Provsu

By Redaksi Agu11,2023

Sumutcyber.com, Toba – Pengurus Ikatan Alumni SMA Negeri 2 Balige  (IKA SMANDA Balige) menanggapi aksi unjukrasa sekelompok orang yang mengatasnamakan Alumni SMAN 2 Balige di Kantor Dinas Pendidikan Sumut, Senin (7/8/2023) kemarin.

Dalam penyampaian aspirasi di Disdik Sumut tersebut, orang yang mengaku dari alumni SMAN 2 Balige tersebut menggunakan surat dengan kop surat Ikatan Alumni SMAN 2 Balige Sumatera Utara dengan tanda tangan Ketua Umum berinisial GS dan JS sebagai Sekretaris Umum No. 01/IKSMD/VIII/2023, tertanggal 7 Agustus 2023, dengan perihal penyampaian aspirasi  yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara.

Menanggapi hal ini, Andy Marpaung
selaku Ketua IKA SMANDA Balige kepada sejumlah awak media, Jumat (12/8/2023), menegaskan, pengurus IKA SMANDA Balige tidak pernah mengeluarkan surat terakhir aksi tersebut maupun pernyataan di media baik secara online dan cetak.

“Aas surat dan pemberitaan tersebut kami keberatan dengan pemberitaan tersebut dan menuntut kepada semua pihak-pihak yang terlibat agar segera menarik pemberitaan dan surat yang sudah diajukan karena tidak seijin pengurus IKA SMAN 2 Balige yang sah dan aksi itu tidak mewakili aspirasi Alumni SMAN 2 Balige,” tegasnya.

Berikut klarifikasi lengkap dan sikap Pengurus IKA SMANDA Balige:

1. Bahwa Pengurus IKA SMANDA Balige tidak pernah mengeluarkan surat maupun pemberitaan di media baik secara online maupun cetak, atas surat dan pemberitaan tersebut di atas  kami keberatan dengan pemberitaan tersebut dan menuntut kepada semua pihak-pihak yang terlibat agar segera menarik pemberitaan dan surat yang  sudah diajukan karena tidak seijin pengurus IKA SMA N  2 Balige yang sah dan tidak mewakili aspirasi Alumni SMA N 2 Balige.

2. Bahwa setelah Pengurus IKA SMANDA Balige melakukan penelusuran dan investigasi  terhadap oknum -oknum yang melakukan aksi tersebut, dipastikan bahwa oknum tersebut bukan alumni SMAN 2 Balige dan tidak terdaftar dalam buku Induk SMAN 2 Balige. Sebagai informasi GS tercatat sebagai alumni SMA di Medan.

3. Bahwa menurut Ketua PARYASOP, Sdr. Hamzah Sinaga,ST mengatakan bahwa oknum yang terkait PARYASOP dalam aksi tersebut bertindak diluar sepengetahuan dan ijin dari PARYASOP sehingga segala tindakan yang dilakukan oknum tersebut tidak berada dalam tanggung jawab PARYASOP, dan dalam hal ini PARYASOP telah memberikan masukan kepada oknum yang terlibat untuk memberikan permintaan maaf kepada IKA SMANDA atas tindakan pencatutan Nama Organisasi dalam aksi tersebut, dan untuk memperbaiki koordinasi di kemudian hari.

4. Bahwa setelah kami cek ke Kemenkumham atas Kop Surat Ikatan Alumni SMA N 2 BALIGE (IKASMADA) Sumatera Utara dengan Nomor AHU-0014420.AH.01.07 Tahun 2021 sebagaimana surat Nomor 01/IKSMD/VIII/2023, tertanggal 7 Agustus 2023, dengan perihal Penyampaian Aspirasi  yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, bahwa akta tersebut tertulis atasnama Perkumpulan Generasi Muda PAPATAR dan bukan IKASMADA sebagaimana yang tercantum dalam kop surat.

5. Bahwa IKA SMAN 2 Balige Sumatera Utara belum berbadan hukum dan satu satunya perkumpulan alumni IKA SMANDA Balige Sejabodetabek merupakan perkumpulan yang resmi berbadan hukum berdasarkan Akta Notaris Nomor 4 tanggal 14 Desember 2017 yang dibuat oleh Notaris Saurma Tambunan, SH,MKn tentang Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan Alumni SMA Negeri Dua Balige Sejabodetabek disingkat IKA SMANDA BALIGE SEJABODETABEK tanggal 14 Desember 2017 dan sudah disahkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor AHU-0017858.AH.01.07. Tahun 2017 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Alumni SMA Negeri Dua Balige Sejabodetabek.

6. Bahwa saudara MH atas Surat berkop Ikatan Alumni SMA N 2 BALIGE (IKASMADA) Sumatera Utara dengan tanda tangan Ketua Umum GS, dan JS sebagai Sekretaris Umum Nomor 01/IKSMD/VIII/2023, tertanggal 7 Agustus 2023, dengan perihal Penyampaian Aspirasi  yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan pemberitaaan di media massa baik secara online maupun cetak telah mengakui perbuatannya yaitu mencatut  IKA SMANDA Balige tersebut dan melakukan permintaan maaf via Call Whatsapp kepada Ketua Alumni Pengurus IKA SMANDA Balige Sejabodetabek.

Berdasarkan penjelasan dan bukti bukti tersebut di atas yakni perbuatan yang dilakukan GS, JS dan MH yang tidak mewakili IKA SMANDA Balige yang sah dan merugikan Pengurus IKA SMANDA Balige, dengan ini kami meminta secara tegas agar semua pihak oknum yang terlibat segera melakukan:

1. Membuat permintaan maaf secara terbuka di media cetak nasional dan media daerah. Kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Balige dan seluruh civitas akademi dan Alumni SMA N 2 Balige, selama 7 hari berturut-turut.

2. Mencabut  semua tuntutan ke Disdik atau pihak lain yang mengatasnamakan alumni SMA N 2 Balige dan  menarik surat berkop Ikatan Alumni SMA N 2 BALIGE (IKASMADA) Sumatera Utara dengan tanda tangan Ketua Umum GS dan JS sebagai Sekretaris Umum Nomor 01/IKSMD/VIII/2023 tanggal 7 Agustus 2023 perihal Penyampaian Aspirasi  yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan penarikan surat tersebut diberitahukan dan diberi tembusan kepada pihak -pihak yang dirugikan yaitu :

a. Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Balige

b. Ketua IKA SMANDA Balige

3. Membuat surat pernyataan di atas materai bahwa tidak akan mengulangi perbuatan tersebut dalam hal mengatasnamakan Alumni SMAN 2 Balige

Apabila permintaan tersebut sebagaimana dijelaskan di atas tidak dilaksanakan oleh GS, JS dan MH dalam waktu 3 x 24 jam setelah surat ini diterima maka kami selaku Pengurus IKA SMANDA Balige akan melakukan upaya hukum yang dianggap perlu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan baik secara pidana maupun perdata.

Demikian klarifikasi ini disampaikan oleh Ketua IKA SMANDA Balige Sejabodetabek
Andhy Maruli Tua Marpaung, SH, didampingi oleh Ketua Paryasop Hamzah Sinaga, ST, Ketua IKA SMANDA BALIGE Wilayah Sumbagut. (SC-JT)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *