HUT ke-25 Kabupaten Toba, Pemerintah Dan Masyarakat Harus Bangkit, Bergerak, Maju Menjadi Pemenang

Sumutcyber.com, Toba – Setelah dilantik meneruskan tongkat kepemimpinan di Kabupaten Toba pada 2 Pebruari 2021 lalu, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Tonny Simanjuntak dihadapkan dengan persoalan Covid-19 yang belum kunjung berakhir. Kondisi ini mengharuskan mereka untuk lebih hati-hati dalam menjalankan kebijakan roda pemerintahan agar tetap berjalan dengan baik. Beruntung Covid-19 dapat diatasi oleh pemerintah di akhir tahun 2022. Barulah pergerakan pembangunan perlahan merangkak, bahkan Poltak-Tonny langsung tancap gas.

Dari sektor pendidikan, Kabupaten Toba langsung menjadi penyumbang siswa terbanyak di SMA Unggul  Yayasan TB Soposurung Balige sebanyak 41 siswa pada tahun 2023. Di tahun yang sama, Kabupaten Toba menjadi penyumbang siswa terbanyak ke dua  se -Indonesia untuk sekolah unggul  SMA Unggul Del dengan menempatkan 30 siswa.

Bacaan Lainnya

Di sektor infrastruktur, awal kepemimpinan Poltak Sitorus hanya 44 % jalan kabupaten yang dinyatakan bagus. Di tahun 2023 kondisi jalan yang baik di Kabupaten Toba naik menjadi 54,26%. Sedangkan di sektor pariwisata, Poltak Sitorus harus putar otak untuk mempromosikan sekaligus menghadirkan wisatawan ke Toba.

Peluang terbaik datang melalui tawaran untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan F1 Power Boat. Peluang itu tidak disia-siakan dan langsung ditangkap, bahkan langsung menandatangani kontrak selama 5 tahun. Dimulai sejak tahun 2023 yang lalu hingga 5 tahun berikutnya. Event internasional ini berhasil menarik kunjungan wisatawan ke Kabupaten Toba, bahkan dari catatan pemerintah, sepanjang tahun 2023 terdapat 2 juta kunjungan wisata ke Toba, tahun 2024 ini ditarget naik hingga 3 juta kunjungan.

Semua prestasi ini dia sampaikan dalam sambutannya pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-25  Kabupaten Toba yang dilaksanakan di Tanah Lapang Porsea, Selasa (5/3/2024).

“Banyak capaian prestasi yang telah dicapai oleh Kabupaten Toba,” katanya.

Memasuki usia 25 tahun, Poltak Sitorus mengatakan bahwa Kabupaten Toba harus bergerak maju, bangkit, bergerak, dan tampil jadi pemenang. Pernyataan ini juga beliau sampaikan dalam sesi doorstop oleh para wartawan.

“Di usia 25 tahun ini. Kabupaten Toba harus maju, ayo bangkit, ayo bergerak dan tampil menjadi pemenang,” katanya menyampaikan pesan pesta HUT ke-25 Kabupaten Toba.

Dirinya juga tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada para perintis, pemrakarsa dan pendiri Kabupaten Toba yang telah memberikan kontribusi nyata hingga melahirkan Kabupaten Toba pada 9 Maret 1999.

“Terimakasih kepada para perintis, pemrakarsa dan pendiri. Terimakasih juga kepada para Kepala Daerah, pimpinan dan anggota DPRD terdahulu,” ujar Poltak Sitorus dalam sambutannya.

Perayaan HUT  ke-25 Kabupaten Toba kali ini digelar di tiga lokasi yang berbeda. Perayaan pertama digelar di Porsea yang diikuti 7 kecamatan yakni  Kecamatan Porsea, Kecamatan Parmaksian, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kecamatan Uluan, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kecamatan Lumban Julu dan Kecamatan Ajibata pada Selasa (5/3/2024).

Perayaan kedua dilaksanakan di Parsoburan yang diikuti 3 kecamatan, yakni Kecamatan Habinsaran, Kecamatan Borbor dan Kecamatan Nassau (Habornas) pada Kamis (7/3/2024), sedangkan acara puncak akan digelar di Balige pada 9 Maret 2024 dan diikuti oleh seluruh masyarakat Toba.

Perayaan HUT yang dilaksanakan di Porsea dihadiri ribuan warga dari 7 kecamatan. Rangkaian acara dimulai dengan ibadah. Kemudian dilanjutkan dengan lomba tortor, penyerahan SK kepada sejumlah desa wisata, pembagian pakaian training untuk lansia, pembagian kaca mata untuk orang tua, pembagian sepatu sekolah untuk para pelajar yatim-piatu, yatim dan piatu serta pemeriksaan kesehatan gratis. Pada bagian akhir acara digelar hiburan sejumlah artis diantaranya Renta Sitorus, Lunax Band, Tioma Trio , Punxgoaran, dan lain-lain. (SC-JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *