Sumutcyber.com, Toba – Bupati Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara Poltak Sitorus memberikan pesan akan persatuan terhadap para pengurus dan anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Toba dalam mewujudkan pembangunan di desa.

Selain itu, dia meminta agar para Kepala Desa dan perangkatnya mensosialisasikan event internasional  F1 Power Boat (F1H2O) di Kabupaten Toba yang akan digelar untuk kali kedua pada 23-25 Februari 2024.

Hal ini dikatakan Bupati Poltak Sitorus  saat menghadiri Konsolidasi APDESI Kabupaten Toba di Gedung Serbaguna Kantor Camat Laguboti, Rabu (17/1/2024).

Menurut Poltak Sitorus, keberadaan organisasi APDESI sangatlah penting. “Program-program pembangunan oleh para  kepala desa dalam APDESI sangatlah penting. Sehingga diperlukan kesatuan gerak pengurus dan anggota APDESI. Banyak yang kita kerjakan bersama-sama dalam pembangunan desa. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,” katanya.

APDESI juga bisa menjadi wadah diskusi program-program yang bisa dilaksanakan, apalagi bagi para kepala desa yang baru menjabat. Bagi kepala desa yang baru dilantik haruslah menyesuaikan visi dan misi dalam Musrenbang (musyawarah rencana pembangunan).

“Prioritas Kabupaten Toba sekarang adalah bidang pariwisata. Hendaknya APDESI semakin solid, jangan ada blok-blokan. Selamat berkonsolidasi semoga ada pemimpin yang baru dengan visi dan misi  yang sejalan dengan Kabupaten Toba yaitu Toba Unggul dan Bersinar,” katanya.

Saat mensosialisasikan event F1H2O, Bupati Poltak Sitorus meminta para kepala desa  memanfaatkan ajang ini untuk menjual produk-produk unggulan  khas Toba dari desa masing-masing. Kemudian nanti ada lagi event PON cabang olahraga ski air pada  Juni 2024, serta event Aquabike World Championship November 2024.

“Banyak yang harus dibicarakan melalui wadah ini. Ayo APDESI harus bersatu berjuang bersama. Semoga sukses APDESI Kabupaten Toba,” katanya.

Selanjutnya, Faber Tambunan selaku Wakil Ketua APDESI Provinsi Sumatera Utara  sekaligus koordinator daerah memaparkan visi dan misi APDESI. Ia pun dengan semangat mengajak peserta menyiarkan yel -yel
ABDESi jaya, APDESI maju, APDESI membangun Indonesia dari desa.

Sementara Plt. Ketua APDESI Kabupaten Toba, Andi J.Siahaan memaparkan profil serta AD/ART organisasi APDESI. Melalui APDESI banyak yang diperjuangkan diantaranya adanya Siltap (Penghasilan tetap) setara golongan IIA.

Konsolidasi APDESI Kabupaten Toba ini dihadiri Camat Laguboti Aprilla Nessy Tampubolon, Camat Sigumpar  Moses Simanjuntak, Plt. Camat Sigumpar Binner Panjaitan, perwakilan Dinas PMD PPA, dan lainnya. Hasil konsolidasi ini nantinya akan dilanjutkan dengan musyarawah tingkat kabupaten yang direncanakan pada 23 Januari 2024. (SC-JT)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *