Curah Hujan Tinggi, Warga Pardede Onan Minta Pemkab Toba Normalisasi Drainase

Kondisi drainase Jalan Pendeta Munson di Kelurahan Pardede Onan Kec. Balige Kab. Toba.

Sumutcyber.com, Toba – Dalam sepekan terakhir curah hujan cukup tinggi. Hal ini membuat sejumlah jalan di pusat perkotaan Balige Kabupaten Toba banjir, salahsatunya Jalan Pendeta Muson di lingkungan 1 Kelurahan Pardede Onan, Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumut.

Drainase ini merupakan pembuangan air akhir ke Danau Toba. Ukuran drainase saat ini kurang besar sehingga tak mampu menampung debit air yang mengalir dari drainase di sekitarnya misalnya aliran air dari Kelurahan Sangkarnihuta.

Bacaan Lainnya

“Apalagi jika curah hujan sangat tinggi seperti beberapa hari ini, bahkan air masuk ke rumah kami,” sebut Kasman Pardede warga setempat saat dikonfirmasi, Jumat (8/3/24).

Dia berharap, kondisi ini dapat menjadi perhatian serius dari pemerintah untuk penanganannya. Selain itu, di tengah prioritas pengembangan sektor pariwisata, perawatan dan pemeliharaan wajah kota, kiranya menjadi prioritas. “Sehingga tidak menunjukkan kesan wajah kota yang kumuh dan kotor kepada wisatawan,” tambahnya.

Terkait keluhan warga, Camat Balige Partogi Tambunan sudah menerima surat laporan tertulis dari pemerintah kelurahan setempat. “Hari ini surat tersebut akan kami teruskan kepada Bapak Bupati Toba melalui dinas terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang,” imbuhnya.

Seraya menunggu arahan dari Bupati untuk penanganan drainase ini, Partogi mengimbau  agar masyarakat mendukung setiap giat gotong royong bersih-bersih dilingkungan masing-masing, termasuk penanganan sampah rumah tangga untuk tidak membuangnya sembarangan.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan proaktif mengikuti setiap musyawarah desa maupun musyawarah kelurahan dalam menyampaikan setiap usulan rencana pembangunan di wilayah masing-masing untuk menjadi usulan prioritas pada setiap Musrenbang  kecamatan.

Partogi juga mengungkapkan terdapat beberapa kondisi jalan dan drainase yang tengah menjadi prioritas penanganan di Balige, diantaranya Jalan Raja Paindoan dan lainnya. “Kita berharap usulan ini dapat terealisasi secepatnya dalam mewujudkan wajah kota Balige yang asri, bersih dan indah,” imbuhnya.

Terpisah, terkait kondisi di Jalan Pendeta Munson, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Toba Saur Sitorus, pihaknya sudah survey lapangan. “Hasil survey dari tim kami, akan ditindaklanjuti. Kami berharap warga dapat bersabar atas hal ini,” ucapnya. (SC-JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *