BPDPKS Gelar Semarak UKMK Sawit di Medan

Sumutcyber.com, Medan – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Kemenkeu Satu Sumatera Utara mengadakan kegiatan Semarak Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Sawit di Medan.

Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS Kabul Wijayanto menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan tugas BPDPKS dalam melakukan promosi perkebunan kelapa sawit, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2015 jo. Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2018, guna meningkatkan pengetahuan terhadap signifikansi perkebunan kelapa sawit sebagai produk yang memiliki nilai strategis, khususnya dalam penguatan hilirisasi komoditas kelapa sawit.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini juga merupakan upaya BPDPKS untuk mengambil peran dari sisi exit strategy yaitu mendukung pemulihan dan percepatan ekonomi dari sektor promosi hasil minyak sawit dan promosi hasil – hasil penelitian sawit yang dapat digunakan untuk pengenalan serta pengembangan industri sawit dalam mendorong peningkatan volume ekspor maupun industry sawit Indonesia,” katanya, Rabu (28/2/2024).

BPDPKS memiliki misi dalam menjalankan kebijakan Pemerintah dalam program pengembangan sawit berkelanjutan melalui penghimpunan, pengembangan, dan penyaluran dana sawit yang terpadu dan tepat guna, secara profesional dan akuntabel.

“Kinerja BPDPKS didasarkan pada kemampuan menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana. Dana yang disalurkan akan memberikan dampak bagi peningkatan kinerja sektor sawit Indonesia. Dalam struktur organisasi BPDPKS juga terdapat direktorat yang memilliki tugas dalam menjalankan kegiatan kemitraan.  Salah salah satunya adalah menjalankan fungsi kemitraan dengan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK),” katanya.

Kegiatan diikuti oleh UKMK Mitra BPDPKS yang merupakan UKMK sawit mewakili Asosiasi Petani Sawit, yaitu dari ASPEKPIR, Apkasindo, Apkasindo Perjuangan, SPKS, Samade, dan Santriprenur UKMK Sawit, serta mitra UKMK dari berbagai Perguruan Tinggi. 

“Kita laksanakan kegiatan ini mulai 28 Februari hingga 1 Maret 2024 di Gedung Keuangan Negara, Medan, dengan rangkaian meliputi Pameran UKMK Sawit, Talkshow Peluang Usaha berbasis UKMK Sawit, Lomba Menggambar dan Mewarnai Sawit untuk usia dini, Cerdas Cermat kelapa sawit Tingkat mahasiswa serta Sosialisasi dan Demo penggunaan minyak merah sawit. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk untuk mempromosikan kebaikan-kebaikan sawit,” ujarnya.

Semarak UKMK Sawit dihadiri oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sumatera Utara (Arridel Mindra), Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Plt Direktur Kemitraan BPDPKS (Kabul Wijayanto), Kepala Divisi UKMK BPDPKS (Helmi Muhansyah), Kepala Divisi Umum dan SDM BPDPKS (Adi Sucipto), Perwakilan Pegawai  Kementerian Keuangan Sumatera Utara, Perwakilan UKMK Asosiasi Petani Kelapa Sawit, dan Mahasiswa Beasiswa BPDPKS. (SC03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *