Setelah Menjadi BLUD, Puskesmas di Kota Medan Diharapkan Tunjukkan Perubahan Signifikan dalam Pelayanan

Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mendorong agar Puskesmas di Kota Medan bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dengan status tersebut, diharapkan terjadi perubahan signifikan, khususnya dalam hal peningkatan kecepatan dan ketepatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Medan, Ferri Ichsan, saat mewakili Plt. Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, dalam pembukaan Workshop Penilaian dan Penetapan BLUD Puskesmas Kota Medan di Hotel Grand Mercure, Jumat (18/10/2024).

“Acara ini sangat penting dan strategis sebagai langkah maju bagi seluruh Puskesmas di Kota Medan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” kata Ferri di hadapan seluruh Kepala UPT Puskesmas se-Kota Medan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan, Edi Subroto. Dalam kesempatan itu, Ferri menegaskan bahwa sektor kesehatan merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, yang perlu ditingkatkan, terutama dalam hal kualitas pelayanan publik.

Bacaan Lainnya

“Peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dilihat dari kecepatan dan ketepatan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat,” ujar Ferri.

Untuk menjawab tantangan ini, Ferri menyampaikan bahwa salah satu langkah yang harus diambil adalah membentuk BLUD di seluruh Puskesmas di Kota Medan.

“Pemko Medan berharap agar seluruh Kepala Puskesmas beserta jajarannya dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan tepat tanpa terikat pada regulasi yang rumit,” ucap Ferri, seraya mengimbau agar peserta mengikuti workshop ini dengan serius agar seluruh materi dapat diserap dengan baik.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan, Edi Subroto, menjelaskan bahwa workshop penilaian dan penetapan BLUD Puskesmas ini merupakan bagian dari upaya memperkuat kesiapan Puskesmas dalam bertransformasi menjadi BLUD.

“Setiap Puskesmas telah menyiapkan dokumen yang diperlukan, termasuk kesiapan dari jajarannya. Diharapkan pada tahun ini, BLUD Puskesmas Kota Medan dapat terealisasi,” jelas Edi.

Edi juga berharap dengan terbentuknya BLUD, Puskesmas dapat lebih fleksibel dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Dengan demikian, Puskesmas akan mampu memberikan layanan kesehatan secara lebih maksimal,” pungkasnya. (SC03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *