Kemendikbudristek Raih Empat Penghargaan di Media Relations Awards 2024

Kemendikbudristek berhasil meraih empat penghargaan pada ajang Media Relations Awards yang digelar sebagai puncak peringatan ulang tahun ke-78 Serikat Perusahaan Pers (SPS). (Dok. Kemendikbudristek)

Bandung – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil meraih empat penghargaan pada ajang Media Relations Awards yang digelar sebagai puncak peringatan ulang tahun ke-78 Serikat Perusahaan Pers (SPS).

Penghargaan ini diberikan kepada media, korporasi, institusi, dan pemerintah daerah yang berkontribusi dalam memajukan industri pers dan ekosistem media sepanjang tahun 2024.

Dalam sub-kategori Program Press Gathering Terbaik 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi meraih penghargaan Gold Winner. Sementara itu, pada sub-kategori Program Press Release Terbaik 2024, Kemendikbudristek bersama Ditjen Vokasi berhasil meraih Silver Winner. Penghargaan Bronze Winner pada sub-kategori Program Press Conference Terbaik 2024 diberikan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbudristek, Anang Ristanto, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas pencapaian ini. “Selamat atas kerja keras dan dedikasi seluruh tim. Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas produk media relations di masa mendatang,” ujarnya saat acara HUT ke-78 SPS yang bertemakan “Mewujudkan Pers Sehat, Pers Berkualitas”, di Bandung, Jumat (20/9).

Bacaan Lainnya

Dalam pembukaan acara, Ketua Umum SPS, Januar P. Ruswita, menyatakan bahwa penghargaan dalam rangkaian peringatan 78 tahun SPS ini sangat istimewa, karena menjadi puncak dari berbagai ajang kompetisi seperti Media Brand Awards, Media Relations Awards, dan penghargaan bagi Pemimpin Divisi Komunikasi Terpopuler.

“Penghargaan-penghargaan ini ditujukan untuk media, korporasi, institusi, dan pemerintah daerah. Selain itu, ada juga penghargaan Lontar Awards dan Lestari Awards yang diberikan kepada pemerintah dan pemimpin daerah yang berjasa dalam memajukan media dan budaya lokal,” tambahnya.

Lebih lanjut, Januar menekankan bahwa Bandung memiliki peran penting dalam sejarah pers dan kebangkitan nasional. Tiga surat kabar ternama seperti Medan Prijaji, Soeloeh Indonesia, dan Fikiran Ra’jat menjadi simbol perlawanan terhadap kolonialisme yang turut menginspirasi perjuangan bangsa Indonesia, khususnya dalam mendukung upaya kemerdekaan. “Pada tahun ini, jejak sejarah pers kembali diukir di Bandung melalui peringatan HUT ke-78 SPS, yang bertepatan dengan perayaan 25 tahun Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999,” ujarnya.

Tahun ini, SPS Indonesia memberikan penghargaan kepada 24 pemenang Media Brand Awards 2024, 53 pemenang Media Relations Awards 2024, 11 penghargaan bagi Korporasi dan Institusi Terpopuler di Media Arus Utama 2024, serta 13 Pemimpin Divisi Komunikasi Terpopuler di Media Arus Utama 2024.

Proses penilaian dilakukan oleh lima juri yang kompeten di bidangnya. Maria Wongsonegoro, PR Consultant yang menjadi salah satu juri, menyampaikan bahwa entri tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan baik dari segi jumlah maupun kualitas. “Banyak kemajuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Jojo S. Nugroho, praktisi kehumasan yang juga menjadi juri, menambahkan bahwa jumlah entri meningkat 50% dari tahun sebelumnya dan lebih bervariasi. Pung Purwanto, Pemimpin Redaksi Sindonews.com, menekankan pentingnya penyajian data dalam siaran pers.

Sementara Tri Agung Kristanto, Wakil Ketua Umum Harian Kompas, mengapresiasi kualitas materi yang masuk, dengan tim humas korporat yang terlihat semakin memahami teori pembuatan siaran pers yang baik.

Asmono Wikan, salah satu juri lainnya, menyimpulkan dengan ucapan selamat kepada para pemenang dan berharap agar mereka terus berinovasi serta menghasilkan karya yang lebih baik di masa depan. (SC02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *