Evaluasi PB PON XXI Sumut: Perbaikan Transportasi, Akomodasi, dan Venue Voli Indoor Dikebut

Medan – Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Wilayah Sumatera Utara terus mengevaluasi kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraan PON di Sumut yang masih berlangsung hingga hari ini.

Ketua Harian PB PON, Baharuddin Siagian, mengakui adanya kekurangan dalam layanan transportasi, konsumsi, dan akomodasi bagi atlet, ofisial, serta kontingen cabang olahraga.

“Tiga hal ini menjadi sedikit persoalan sampai rapat dengan Chef de Mission (CdM) semalam. Kami sudah berkomitmen untuk memperbaiki masalah transportasi, akomodasi, dan venue sesuai rekomendasi dari CdM atau ketua kontingen,” ungkap Baharuddin dalam konferensi pers bertajuk ‘Bersatu Kita Juara, Sukses PON Sukses Kita Bersama’ di Media Center Utama PON XXI Sumut, Hotel Santika Dyandra, Medan, Kamis, 12 September 2024.

“Alhamdulillah, hingga kemarin masalah-masalah sensitif yang muncul sudah dapat diantisipasi dan tidak akan terulang lagi,” tambahnya.

Bacaan Lainnya

Terkait dengan venue bola voli indoor di kawasan stadion utama Desa Sena, Baharuddin menyebutkan bahwa secara fisik bangunan tersebut telah 100 persen selesai.

“Bangunannya sudah selesai sesuai anggaran yang ada, dan ini menjadi gedung voli terbaik kedua di Indonesia. Gedung bowling kita juga mendapat pujian dan menjadi kebanggaan,” jelasnya.

Venue voli indoor tersebut memiliki kapasitas 3.500 penonton, fasilitas pemanasan, latihan, serta ruangan untuk kontingen dan ofisial. Venue ini, bersama dengan arena bowling, sudah berstandar internasional.

Namun, pembangunan infrastruktur di sekitar sport center Sumut masih berlangsung dan sesuai kontrak baru akan selesai pada Desember 2024.

“Infrastruktur dalam kawasan, seperti jalan dan drainase, dipastikan tidak akan selesai hingga penutupan PON pada 20 September. Pengerjaan baru dimulai Agustus 2024,” ujar Baharuddin.

Terkait transportasi dan konsumsi, ia menegaskan bahwa masing-masing bidang telah berkomitmen menyelesaikan permasalahan yang ada, yang sempat dikeluhkan oleh CdM.

“Kami harap setelah rapat nanti malam, persoalan yang sama tidak akan terulang,” tutup Baharuddin.

Dalam konferensi pers tersebut, hadir juga Sekretaris Umum PB PON, Effendy Pohan, Ketua Bidang Humas dan Publikasi, Ilyas Sitorus, Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah, Raja Parlindungan Pane, Ketua Umum Pengprov PBSI Sumut, Wiko Siregar, dan Delegasi Teknik Voli Indoor Regional, Nelwan.

“Pertandingan voli sudah berjalan baik, dan gedung ini sudah memenuhi standar internasional dengan fasilitas seperti lampu sorot yang berfungsi baik serta AC,” kata Nelwan. Ia juga berharap fasilitas yang sebelumnya belum optimal sudah berfungsi sepenuhnya pada hari ini.

“Akses jalan yang sempat viral juga sudah diperbaiki dengan pengerasan,” pungkasnya. (SC02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *