Pemkab Asahan Gelar Pemilihan Duta Pariwisata 2024

Asahan – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar acara Pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten Asahan 2024 di halaman Kantor Disporapar, Sabtu (24/08/2024) malam.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Disporapar Kabupaten Asahan, Drs. H. Witoyo, MM, Forkopimcam Kecamatan Kota Kisaran Timur, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Sekretaris Disporapar Kabupaten Asahan, Muhammad Idris Hasibuan, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini telah berlangsung sejak 10 Juni hingga 24 Agustus 2024. Acara ini diikuti oleh 10 pasang finalis remaja putra-putri berusia 17-24 tahun yang berdomisili di Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kadisporapar, Drs. H. Witoyo, MM, menegaskan bahwa Kabupaten Asahan memiliki berbagai daya tarik wisata yang, jika dikembangkan secara komprehensif dan terpadu, dapat menjadi aset penting yang menarik bagi wisatawan.

Bacaan Lainnya

“Perlu diingat bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu dari 10 program prioritas, dengan ‘Asahan Go Wisata’ sebagai program prioritas kesembilan,” ujar Witoyo.

Ia menambahkan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan strategi yang matang melalui peningkatan kemampuan sumber daya manusia, khususnya generasi muda, dalam bidang pariwisata.

“Pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten Asahan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, khususnya para putra-putri kita, sekaligus sebagai upaya menanamkan kecintaan generasi muda pada kegiatan kepariwisataan,” kata Witoyo.

Lebih lanjut, Witoyo menyebutkan bahwa ajang ini bukan hanya tentang menampilkan keindahan fisik, kecantikan, dan ketampanan, tetapi juga mengharapkan para peserta memiliki kecerdasan, jiwa sosial, bakat, serta wawasan tentang kepariwisataan.

“Duta Pariwisata hendaknya menjadi teladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat, terutama bagi generasi muda, baik dalam bertindak, berperilaku, maupun bertutur kata,” tuturnya.

Witoyo juga menekankan bahwa menjadi Duta Pariwisata tidaklah mudah dan memerlukan proses seleksi yang panjang. Para finalis yang terpilih hingga tahap ini adalah yang terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Asahan. “Diharapkan melalui ajang ini dapat lahir generasi yang kreatif dan inovatif, sehingga mampu menjadi Duta Pariwisata Kabupaten Asahan,” imbuhnya.

Witoyo mengharapkan agar para finalis yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Asahan dapat piawai dalam mempromosikan potensi destinasi, produk wisata, dan program kepariwisataan Kabupaten Asahan. Ia optimis bahwa industri pariwisata Kabupaten Asahan akan terus berkembang dan jumlah pengunjung akan meningkat setiap tahunnya.

“Bagi yang terpilih sebagai pemenang Duta Pariwisata Kabupaten Asahan Tahun 2024, saya ucapkan selamat. Yakinlah, kalian adalah putra-putri terbaik yang mampu membawa kemajuan pariwisata di Kabupaten Asahan,” tutupnya.

Di akhir sambutannya, Witoyo juga mengajak seluruh Duta Pariwisata, finalis tahun-tahun sebelumnya, serta seluruh masyarakat Asahan yang hadir untuk bersama-sama mencintai, menghargai, menjaga, mengembangkan, dan mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Asahan. (SC-Denny)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *