DPD Perhiptani Toba Periode 2024-2029 Dikukuhkan

Pengukuhan DPD Perhiptani Toba Periode 2024-2029. (Ist)

Penyuluh Diharapkan Melakukan Inovasi Wujudkan Ketahanan Pangan

Toba – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Toba Periode 2024-2029 dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Perhutani Sumut Dr. Aripay Tambunan di Balai data Kantor Bupati Toba, Rabu (21/8/2024).

Pengukuhan Perhiptani yang merupakan organisasi profesi penyuluh pertanian ini, berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Sebanyak 28 anggota dan pengurus DPD Perhiptani Toba masa periode 2024-2029, dipimpin oleh Darwin Sianipar.

Turut hadir pada acara ini, Bupati Toba yang diwakili Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Eston Sihotang. Hadir juga Asisten Administrasi Umum Very Napitupulu, Kadis Pertanian Joni Hutajulu dan Kadis Ketapang Darwin Sianipar sekaligus Ketua DPD Perhiptani Toba.

Dalam arahannya, Ketua DPW Perhiptani Sumut Aripay Tambunan mengatakan, lewat pengukuhan ini seluruh anggota dan pengurus DPD Perhiptani Toba agar lebih mengoptimalkan kinerjanya dalam rangka peningkatan swasembada pangan.

“Seperti yang disampaikan Kadis Pertanian Toba, luas lahan pertanian di Toba ada seluas 18.615 ha, yang mana belum semua dioptimalkan pengolahannya. Demikian juga hasil komoditi terutama padi, beras, jagung, kedelai dan bawang masih surplus. Lewat Perhiptani, capaian peningkatan hasil pertanian ini diharapkan akan semakin baik dengan melakukan inovasi dan sosialisasi yang berkesinambungan terhadap petani,” imbuh Aripay.

Hal senada disampaikan Ketua DPD Perhiptani Toba Darwin Sianipar. Dia menuturkan, saat ini ada 42 jumlah SDM Penyuluh Toba. Lewat Perhiptani, kita berharap terjadi peningkatan indeks pertanian yang semakin baik. “Tanam Dua Kali, Panen Dua Kali, jika perlu bisa lebih agar ketahanan pangan kita benar-benar kuat,” katanya.

Dalam sambutannya, yang diwakili Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Eston Sihotang, Bupati Toba Poltak Sitorus berharap kehadiran organisasi Perhiptani membawa semangat baru bagi segenap penyuluh dan petani.

“Inovasi sangat penting saat ini, untuk mengembalikan kepercayaan petani terhadap pemerintah dalam mewujudkan pertanian yang handal, unggul dan modern. Memang banyak tantangan yang dihadapi penyuluh, namun harus tetap semangat. Lewat Perhiptani, diharapkan penyuluh mampu menyuguhkan banyak inovasi pendampingan bagi petani. Sehingga upaya mewujudkan ketahanan pangan, dapat benar-benar kita hadirkan ditengah masyarakat. Selamat atas pengukuhan ini, mari terus bergerak, bekerja bersama-sama,” pungkas Bupati. (SC-JT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *