USM Indonesia Dipercaya Jadi Tempat Pembekalan Relawan Green Volunteer PON XXI Aceh-Sumut 2024

Medan – Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM Indonesia) dipercaya sebagai salah satu tempat pembekalan untuk relawan Green Volunteer dalam rangka mendukung kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Sumatera Utara. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari Senin hingga Rabu (12-14 Agustus 2024).

Pembekalan secara keseluruhan dipusatkan di Universitas Sumatera Utara dan dihadiri oleh Kadispora Sumut Baharuddin Siagian serta Kadisnaker Provsu Ismail P. Sinaga. Sementara itu, lokasi lainnya mengikuti acara pembukaan melalui Zoom. Pembekalan relawan PON XXI juga dilaksanakan di Universitas HKBP Nommensen, BPSDM, Universitas Sari Mutiara Indonesia, serta beberapa lokasi lainnya. Kegiatan ini merupakan bagian penting dari persiapan para relawan yang akan terlibat langsung dalam penyelenggaraan PON XXI di Sumatera Utara.

Kegiatan di USM Indonesia diadakan di Ign. Washington Purba Hall Kampus USM Indonesia pada Senin (12/8/2024), dan dihadiri oleh Ketua Yayasan Sari Mutiara Dr. Parlindungan Purba, serta Rektor USM Indonesia Dr. Ivan Elisabeth Purba yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep, Ph.D.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Sari Mutiara Parlindungan Purba menyampaikan apresiasinya terhadap semangat para peserta yang antusias mengikuti pembekalan. Ia berharap semangat tersebut akan terus membara hingga pelaksanaan PON nanti.

Bacaan Lainnya

“Yayasan Sari Mutiara mengelola USM Indonesia dan Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Lubuk Pakam. USM Indonesia, sebagai salah satu tempat pelaksanaan pembekalan, selalu berkomitmen untuk berkontribusi dalam acara-acara nasional, seperti PON XXI yang akan segera digelar. Pembekalan ini adalah langkah awal bagi semua relawan untuk memahami pola kerja mereka dalam mensukseskan PON XXI, khususnya di Sumut,” ujar Parlindungan Purba.

Lebih lanjut, Parlindungan Purba menegaskan bahwa relawan PON bukan hanya sekadar bekerja sebagai sukarelawan di berbagai cabang olahraga.

“Sikap profesional dan integritas Anda harus selalu dijaga untuk memberikan kesan positif dan memastikan kesuksesan PON XXI di Sumatera Utara. Tugas Anda sangat penting, oleh karena itu, Anda harus menjadi relawan yang benar-benar memiliki rasa tanggung jawab tinggi,” tambahnya.

Parlindungan Purba, mantan Anggota DPD RI asal Sumut, juga mengingatkan para relawan akan pentingnya kolaborasi dan kerja sama di antara semua pihak yang terlibat. Relawan adalah tulang punggung keberhasilan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut.

Sebagai relawan, tambahnya, Anda harus peduli dan segera menginformasikan atau meredam masalah yang mungkin timbul agar tidak membesar.

Pada acara pembukaan, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian menyatakan bahwa pembekalan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan para relawan agar dapat menjalankan tugas mereka dengan baik.

Kegiatan pembekalan yang berlangsung selama tiga hari ini diharapkan dapat membuka wawasan para relawan untuk menjadi bagian penting dalam kesuksesan pelaksanaan PON di Sumut.

Baharuddin berharap para relawan dapat memberikan kontribusi maksimal dalam penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut, sehingga acara dapat berlangsung sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, atlet, serta kemajuan olahraga nasional pada umumnya.

Sebelumnya, dari Inggris, Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba MKes mengajak masyarakat berperan aktif menyukseskan PON XXI di Sumut. Hal tersebut disampaikan Dr Ivan Elisabeth Purba MKes saat dihubungi via selular disela-sela lawatan pendidikan di Inggris, Senin (12/8/2024).

Penyelenggaraan PON di beberapa kota/kota di Sumut, kata rektor, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah, khususnya pelaku ekonomi seperti bisnis restoran, perhotelan, hiburan dan UMKM yang menjual makanan dan oleh-oleh khas Sumut.

Untuk mendukung kesuksesan PON, Dr Ivan Elisabeth Purba MKes mendorong mahasiswa untuk ikut berpartisipasi menjadi volunteer PON. Rektor juga mengajak masyarakat untuk menjaga ketertiban, keamanan dan keramahtamahan dalam menyambut para atlet, official dan masyarakat dari provinsi lain yang bertamu ke Sumut.

”Ini kesempatan emas bagi warga Sumut. Akan banyak tamu yang datang ke Sumut selama PON yang digelar 8-20 September,” ujar rektor seraya berharap aparat keamanan meningkatkan patroli sehingga PON di Sumut berlangsung dengan lancar tanpa ada gangguan. (SC03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *