Bupati Toba Ajak Masyarakat Desa Lumban Pea Timur Kembangkan Kemampuan Literasi Digital

Bupati Poltak Sitorus manortor bersama PKK dan Lansia dalam kunjungan kerjanya di Desa Lumban Pea Timur. (Ist)

Toba – Bupati Kabupaten Toba, Poltak Sitorus, mengajak masyarakat pelaku usaha untuk terus mengembangkan literasi digital guna meningkatkan setiap usahanya.

Ajakan ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus pada kunjungan kerjanya bersama Tim Monitoring Kabupaten Toba, dalam kegiatan Monitoring Desa Binaan Tertib Administrasi kategori PAAREDI dan UP2PKK di Desa Lumban Pea Timur, Kecamatan Balige, Kamis (18/7/2024).

Tim Monitoring Kabupaten Toba dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus, didampingi sejumlah pengurus dan TP PKK Kecamatan Balige. Selain itu, Camat Balige Partogi Tambunan bersama unsur Muspika lainnya dan sejumlah pejabat pimpinan OPD, di antaranya Plt Kadis PUTR Sofian Sitorus, juga turut hadir.

Dalam arahannya, Bupati Poltak Sitorus menyebutkan bahwa Pemkab Toba selalu mendukung setiap program PKK, salah satunya kategori Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2PKK).

Bacaan Lainnya

“Di tengah era digitalisasi saat ini, kita dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan literasi digital. Perbanyak pelatihan dan promosi setiap produk usaha masyarakat,” ajak Bupati.

Pada kesempatan ini, masyarakat menyuguhkan berbagai macam produk lokal PKK Desa Lumban Pea Timur, termasuk kuliner, hasil pertanian, kerajinan, dan produk lainnya.

Masyarakat pelaku usaha menyampaikan keluhan terkait permodalan usaha, izin usaha, dan pemasaran hasil produk. Menanggapi keluhan ini, Bupati Poltak Sitorus mengungkapkan bahwa Pemkab Toba bersama Pemdes akan terus berkolaborasi mengedukasi dan mendorong setiap usaha masyarakat melalui sosialisasi dan pelatihan-pelatihan, termasuk pelatihan marketing digital dalam upaya pemasaran.

Soal permodalan, Poltak Sitorus menyarankan agar Bumdes dibentuk. “Melalui Bumdes, permodalan dan dukungan anggaran untuk usaha lainnya dapat dibiayai,” ucapnya.

“Demikian halnya terkait izin usaha, silakan Pemdes berkoordinasi dengan instansi terkait. Kami pasti akan mendorong setiap program usaha masyarakat desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik ke depannya,” lanjut Bupati, seraya mengajak masyarakat dan hadirin untuk terus melakukan perbaikan di berbagai bidang kegiatan dan program lainnya.

“Mari kita perbaiki segala hal yang masih kurang sempurna demi kemajuan masyarakat Toba,” ujar Poltak Sitorus sambil mengucapkan slogan dalam bahasa Batak “Pature Torus, Torus Pature,” yang langsung disambut kompak oleh hadirin.

Kunjungan kerja Bupati Poltak Sitorus kali ini dirangkai dengan pemberian hadiah bagi para pelajar berprestasi, pemberian nutrisi bagi lansia, dan BLT.

Kepala Desa Lumban Pea Timur, Faber Tambunan, didampingi istri Ny. Debora Faber Tambunan selaku Ketua TP PKK Desa Lumban Pea Timur, mengucapkan terima kasih atas edukasi dan motivasi yang diberikan oleh Bupati Toba dan Tim Monitoring Kabupaten Toba. “Kami berharap kegiatan hari ini dapat membangkitkan semangat seluruh masyarakat dan anggota PKK untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat yang lebih baik ke depannya dengan segala program kegiatan PKK di sini,” pungkas Faber.

Di akhir kunjungannya, Bupati Poltak Sitorus manortor bersama PKK Desa Lumban Pea Timur dan lansia. (SC-JT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *