Rakor Wilayah Sumatera, Menkopolhukam Sampaikan Poin-poin Suksesi Pilkada Serentak 2024

Medan – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkopolhukam) Republik Indonesia, Hadi Tjahjanto, menyampaikan beberapa poin penting suksesi Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024. Yakni seluruh komponen bangsa diminta untuk menjaga dengan baik stabilitas politik, hukum, dan HAM.

Hal ini dikatakannya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Sumatera di Regale Internasional Convention Center, Jalan H Adam Malik, Medan, Selasa (9/7/2024).

“Kita berharap seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar, aman, dan tanpa kendala apapun di lapangan,” ujarnya.

Menurut Hadi Tjahjanto, kunci stabilitas Polhukam terletak pada sinergitas antar-stakeholder yang meliputi unsur penyelenggara Pilkada seperti KPU, Bawaslu, dan DKPP, pemerintah daerah, TNI/Polri, media atau pers, partai politik dan pasangan calon.

Bacaan Lainnya

“KPU dan Bawaslu harus on the track menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai kewenangan yang diberikan. Mampu menjaga netralitas dan menjamin hak pilih kepada seluruh warga negara,” ujarnya.

Dukungan Pemda yang wilayahnya terdapat penyelenggaraan Pilkada, kata Menkopolhukam, juga berperan dalam membantu ketersediaan anggaran, sarana prasarana serta fasilitas pendukung lainnya.

“Tanpa adanya dukungan anggaran saya pikir Pilkada juga akan terhambat,” ujar mantan menteri ATR/BPN tersebut.

Terhadap TNI/Polri, ia meminta selain dukungan keamanan juga mesti menjaga netralitas selama kontestasi berlangsung. Begitupun terhadap parpol dan paslon, diharapkan mengikuti semua proses pemilihan dengan baik, tidak berbuat curang serta mengikuti aturan perundangan-undangan yang berlaku.

“Kemudian yang tak kalah penting adalah peran media/pers, untuk memastikan pemberitaan Pilkada yang akurat, berimbang, dan tidak ada unsur hoaks,” kata mantan Panglima TNI tersebut.

Hadi Tjahjanto juga menyebut, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan sebagai satu rangkaian suksesi Pilkada serentak kali ini. Ia pun berharap jika masyarakat tidak gampang terpengaruh berita-berita hoaks, dan isu pecah belah yang dapat merusak kesatuan dan persatuan bangsa.

“Lewat sinergitas komponen bangsa ini saya percaya penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 berjalan sukses,” ujarnya. 

Seratus Persen

Turut hadir Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, Plt Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, Hinsa Siburian, Panglima TNI, Kapolri, Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni, para gubernur dan kepala daerah serta Forkopimda di wilayah Sumatera.

Pj Gubsu Agus Fatoni mengatakan, tahun ini Pemprov Sumut telah mendistribusikan seluruh anggaran Pilkada Sumut kepada pihak penyelenggara. Antara lain untuk KPU Sumut senilai Rp750 miliar lebih: Bawaslu Sumut senilai Rp233 miliar lebih: Polri senilai Rp49 miliar: TNI senilai Rp22 miliar.

“Selain NPDH melalui dana hibah yang 100 persen sudah kami serahkan ke penyelenggara, kabupaten/kota juga turut merealisasikan dukungan NPHD-nya di Sumut. Kami (Sumut) siap menyukseskan Pilkada serentak, untuk memilih pemimpin-pemimpin terbaik bangsa,” ujarnya. (SC02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *