DaerahUmum

Kabar Kapal Tenggelam Di Danau Toba Hoax

Sumutcyber.com, Samosir – Pesan berantai dari grup whatsapp tentang kapal tenggelam di Danau Toba beredar.

Isi pesan whatsapp tersebut ‘DANAU TOBA BERDUKA INNALILLAHI WA INNAILLAHI ROJI’UN… Buat rekan2 mari sama sama kita berdoa: baru tenggelam kapal jurusan tiga ras simanindo. muatan penumpang 183 orang. sepeda motor 40. info yang selamat baru 3 orang. kejadian baru aja. semoga semua korban selamat. Aamiin.’

Menanggapi pesan tersebut, Kapolres Samosir Ajun Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Agus Darojat memastikan informasi tenggelamnya kapal di perairan Danau Toba, Selasa (15/1/2019) hoax.

“Kami sudah ke TKP, benar sekali isu itu hoax, yang disebarkan lewat aplikasi Whatsapp,” ujarnya, Rabu (16/1).

Sejauh ini kata Agus tim dari Polres Samosir akan melakukan penyelidikan terhadap hal yang meresahkan ini. “Nanti, kita selidiki dari mana awalnya, informasi itu beredar,” kata Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Samosir Ombang Siboro, sangat menyayangkan berita bohong itu bisa terjadi. “Hal ini jelas merusak citra Danau Toba di tengah geliat pariwisata yang semakin berkembang,” tuturnya

Ia bahkan mengatakan pelaku penyebar hoax tidak manusiawi. “Membangun citra baik pariwisata itu butuh waktu bertahun-tahun, tapi terlalu gampang oknum tertentu menciderainya,” ungkapnya.

Ombang mengaku saat berita hoax itu menyebar, dirinya terus dihubungi berbagai pihak. “Saya terus -terusan pun melakukan klarifikasi dan memberikan penjelasan bahwa kapal itu tidak tenggelam ,” tuturnya.

Ombang pun berharap agar masyarakat tidak percaya kepada isu-isu hoax terkait Danau Toba. “Jika menerima kabar seperti itu, sebaiknya di konfirmasi terlebih dulu,” ujarnya. (RC)

Facebook Comments
Tags