Umum

Ini Rencana Lokasi Pembangunan Fly Over/Underpass Di Medan Selanjutnya

Sumutcyber.com, Medan – Underpass Titi Kuning Medan baru saja selesai dibangun untuk mengurai kemacetan di Jalan Tritura menuju arah Jalan Abdul Haris Nasution dan Jalan Brigjen Zein Hamid menuju Brigjen Katamso.

Setelah itu, Dirjen Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) juga berencana membangun sejumlah proyek guna mengurai kemacatan yang ada di Kota Medan.

Adapun proyek yang rencananya dibangun seperti Fly Over/Underpass di simpang Jl. Asrama/Jl. Gatot Subroto (Pondok Kelapa), pelebaran jembatan penyeberangan Jl. Tol di Tanjung Mulia, pelebaran Jl. Jamin Ginting depan Komplek Citra Garden serta pelebaran di simpang Jl. Yosudarso/ Jl. Titi Papan (Simpang Dobi).

Atas dasar ini, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution menginstrusikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan untuk terus berkoordinasi dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI dan BBPJN II Medan, terkait pelaksanaan pembangunan infrastruktur di wilayah Kota Medan.

Instruksi ini disampaikan Wakil Wali Kota saat memimpin rapat Sinkronisasi Pelaksanaan Pembangunan di Wilayah Kota Medan di Balai Kota Medan, Kamis (17/1/2019).

“Dengan sinergitas yang dilakukan, kita harapkan rencana pembangunan nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat mengurai kemacatan yang selama ini terjadi di Kota Medan. Sebab, tingkat kepadatan arus lalu lintas di Kota Medan saat ini semakin tinggi,”kata Wakil Wali Kota.

Selama ini papar Wali Kota, kawasan yang menjadi lokasi proyek pembangunan fly over/underpass, pelebaran jalan dan simpang  merupakan titik kemacatan sehingga sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas, terutama pagi dan sore hari. Salah satunya yang disoroti Wakil Wali Kota, kemacatan yang terjadi di kawasan Jl. Jamin Ginting. Kondisi itu tidak terlepas dengan keberadaan sejumlah pool angkutan.

Oleh karenanya, Wakil Wali Kota berharap kepada seluruh pihak yang terkait untuk fokus mendukung pembangunan sesuai dengan tupoksinya masing-masing. ‘’Kita semua bertanggung jawab untuk memberi ruang dan kemudahan bagi semua pengguna jalan. Untuk itu saya berpesan kepada seluruh OPD terkait agar serius mendukung pengerjaan yang akan dilakukan nantinya,’’ pesannya.

Mantan anggota DPRD Medan itu menambahkan, saat proses pembangunan infrastruktur dilakukan, semua yang berperan agar tetap mengedepankan mutu dan kualitas pembangunan. Pasalnya, pembangunan yang dilakukan itu menyangkut keselamatan banyak orang nantinya. Kemudian senantiasa memikirkan estetika sehingga hasil pembangunan menambah keindahan.

‘’Saya berharap agar OPD terkait agar segera menindaklanjuti rencana pembangunan sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Selain itu terus jalin koordinasi dan komunikasi secara intensif dengan pihak Dirjen Bina Marga maupun BBPJN. Meski demikian tetap jalankan semua sesuai prosedur yang berlaku. Besar harapan kami (Pemko Medan), rencana pembangunan ini nantinya bisa merubah wajah lalu lintas Kota Medan menjadi lebih baik dan masyarakat pengguna jalan dapat merasakan manfaatnya,” harapnya.

Sebelumnya perwakilan dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR memaparkan secara singkat gambaran proses dan bentuk rencana pembangunan fly over, pelebaran jembatan penyeberangan dan pelebaran jalan. Khusus untuk pembangunan fly over, mereka sejauh ini tidak menemukan kendala yang berarti di lapangan. (FC)

Facebook Comments
Tags