Menu

Angka Kemiskinan Di Indonesia 9,66 Persen

  Dibaca : 23 kali
Angka Kemiskinan Di Indonesia 9,66 Persen
Mensos RI saat membagikan sembako kepada 1000 kepala keluarga kurang mampu, Kamis (14/2) di Lapangan Benteng, Medan. Sumutcyber/PT

Sumutcyber.com, Medan – Pemerintah saat ini berupaya keras menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Berkat beberapa programnya, Kementerian Sosial mengaku angka kemiskinan berdasarkan survey dari BPS (Badan Pusat Statistik) menurun hingga di bawah dua digit.

“Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menekan angka kemiskinan. Berdasarkan data BPS, survey September lalu 9,66 persen. Berdasarkan survey yang sama, bukan hanya angka kemiskinan gini ratio membaik menjadi angka 0,381. Ini lah upaya kerjakeras semua pihak yang telah membuahkan hasil,” kata Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, disela-sela acara pemberian 1.000 paket bantuan kepada keluarga kurang mampu di Lapangan Benteng, Medan, Kamis (14/2/2019).

Menurutnya, angka kemiskinan yang turun menjadi 9,66 persen bukan sebuah kebetulan semata. Semua bisa terjadi berkat kerja keras semua pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah serta dunia usaha.

“9,66 perssm itu masih angka yang cukup tinggi, jadi pekerjaan rumah kita ke depan masih banyak. Mari semua kita bersama-sama memberikan perhatian lebih untuk bisa menekan angka kemiskinan,” ungkapnya.

Program pemerintah pusat menekan angka kemiskinan, lanjut dia, antara lain program PKH (Penerima Keluarga Harapan) dan BNPT (Bantuan Pangan Non Tunai).

“Jadi kegiatan ini tidak bisa hanya dilihat dari kacamata pembagian pembagian sembako saja. Kegiatan ini menjadi penting karena memperkuat kesetiakawanan sosial diantara kita,” jelasnya.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah berharap kegiatan serupa agar dilakukan di masa yang akan datang dan dengan jumlah yang lebih besar lagi. “Kita berharap pemerintah pusat terus memberikan perhatian khusus kepada rakyat Sumut,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin mengakui jumlah warga miskin yang ada di Kota Medan masih tinggi. “Penduduk miskin di Medan kurang lebih ada 129.613 KK atau sekitar 463 .000 jiwa,” sebutnya. (PT)

Facebook Comments
Editor:
KOMENTAR

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional