Umum

27 Desember, Disdukcapil Medan Jemput Bola Perekaman e-KTP

MEDAN (Sumutcyber): Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan melakukan jemput bola kepada masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP pada 27 Desember 2018 mendatang.

Hal itu sesuai dengan surat edaran Mendagri yang ditandatangani Dirjen Dukcapil No: 471.13/24150/DUKCAPIL Tanggal 17 Desember 2018 yang ditujukan kepada seluruh bupati/walikota dan diharapkan tersosialisasikan juga kepada seluruh instansi pemerintahan di daerah, camat/kepala distrik, lurah, kepala desa/kepala kampung, kepala dusun, kepala lingkungan RW/RT agar melakukan sosialisasi  kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kependusukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, OK Zulfi menyebut semula rencana perekaman jemput bola yang dilakukan pada 27 Desember 2018 rdilakukan di sekolah tingkat SMA dan SMK. Namun, urung dilakukan karena anak sekolah telah memasuki libur semester.

Meski begitu, perekaman jemput bola tetap akan dilakukan dan lokasinya dialihkan ke tempat-tempat lain yang wilayahnya terdapat masyarakat yang belum melakukan perekaman.

“Di Medan ada sekitar 200 ribu lagi yang belum perekaman. Itu banyak di daerah Belawan, daerah pinggiran,” jelasnya, di Medan, Senin (24/12/2018).

Menurutnya, tingkat kesadaran yang rendah menjadi penyebab utama mengapa masih banyak yang belum melakukan perekaman.  Selain itu, perekaman bukan harus dilakukan setelah tepat berusia 17 tahun. “Misalkan di Januari 2019 usia 17 tahun, Desember ini sudah bisa perekaman,” tuturnya.

OK Zulfi menambahkan, pihaknya baru saja mendapat distribusi blanko e-KTP dari Disdukcapil Sumut sebanyak 2.000 keping. Menurutnya, jumlah itu cukup untuk kebutuhan hingga akhir tahun.

Sementara itu, Kapuspen Kemendagri, Bahtiar mengungkapkan bahwa jajaran Dukcapil daerah Pada tanggal 27 Desember 2018 akan melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman e-KTP serentak secara nasional di 514 kabupaten/kota.

Hal tersebut yang ia dimaksudkan untuk mengejar kekurangan sisa 2,6 perse yang belum melakukan perekaman.

Informasi ini dituangkan dalam Surat Edaran Mendagri yang ditandatangani Dirjen Dukcapil No: 471.13/24150/DUKCAPIL Tanggal 17 Desember 2018 yang ditujukan kepada seluruh bupati/walikota dan diharapkan tersosialisasikan juga kepada seluruh instansi pemerintahan di daerah, camat/kepala distrik, lurah, kepala desa/kepala kampung, kepala dusun, kepala lingkungan RW/RT agar melakukan sosialisasi  kepada masyarakat.

Selain itu, Bahtiar juga menyampaikan permohonan partisipasi aktif masyarakat, Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, pimpinan perusahaan swasta, BUMN, dan pihak terkait lainnya untuk turut membantu lakukan sosialisasi Jemput Bola Perekaman e-KTP secara serentak di Seluruh Indonesia.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri telah membuka call centre untuk membantu pelayanan e-KTP kepada masyarakat. “Silakan hubungi di nomor telepon 1500537”, ujarnya.  (PT)

Facebook Comments
Tags

Berita Terkait