DaerahUmum

21 Januari Supermoon, Permukaan Air Laut Diprediksi Naik

Sumutcyber.com, Nias – Berdasarkan kalender astronomi akan terjadi pada tanggal 21 Januari, 19 Februari, dan 21 Maret akan banyak muncul supermoon, alias purnama saat Bulan berada di titik terdekatnya terhadap Bumi.

Terkait adanya fenomena Supermoon ini,  warga yang tinggal di Pesisir Pantai Nias, Sumatera Utara, diharapkan untuk tetap waspada apabila terjadi hujan lebat pada saat fenomena itu terjadi, karena berpotensi terjadinya banjir rob.

“Masyarakat diharapkan tenang  dan tidak termakan informasi yang diplintir atau didramatisir seolah olah pasang air laut dan banjir rob sama dengan tsunami,” ungkap Kepala Stasiun BMKG Binaka Gunungsitoli, Budi Iman Samiaji Minggu (13/1) kemarin.

Budi Iman menuturkan, banjir rob yang terjadi nantinya bersifat genangan air,  tidak sama dengan banjir bandang. “Pasang air laut dan banjir rob tidak sama dengan tsunami. Pasang air laut dan banjir rob tidak bersifat merusak secara massal seperti tsunami,” ungkapnya

Kata Budi pada peristiwa Supermoon, bulan berada pada titik paling dekat dengan bumi,  dimana dampak dari Supermoon, mempengaruhi pasang air laut akibat gaya gravitasi bulan dan bumi. Dimana adanya kenaikan permukaan air laut beberapa sentimeter dari kondisi normal, sebab itu masyarakat untuk tidak panik .

“BMKG  tidak pernah memberikan himbauan untuk mengungsi.  BMKG dengan  berbagai instansi terkait akan  selalu berkoordinasi untuk memberikan informasi yang benar secara keilmuan,” ujarnya. (TC)

Facebook Comments
Tags