oleh

Waduh, Target Partisipasi Pemilih Di Medan Hanya 60 Persen 

-Politik-32 views

MEDAN (Sumutcyber): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan tidak berani memasang target tinggi di Pemilu serentak 2019.  KPU hanya berani menargetkan jumlah partisipasi pemilih diangka 60 persen. Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan target  nasional yang berjumlah 77,5 persen.

Komisioner KPU Medan Divisi SDM dan Partisipasi Pemilih, Edy Suhartono mengatakan pihaknya menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam menetapkan target partisipasi pemilih.

“Secara umum kami targetkan partisipasi pemilih sebanyak 60 persen di Pemilu serentak 2019,” ujar Edy didampingi Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik, Komisioner KPU Divisi Data dan Perencanaan, Nana Miranti dan Komisioner Divisi Hukum, Zefrizal saat pemaparan di Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan, Senin (31/12/2018) sore.

Edy mengaku, secara nasional partisipasi pemilih ditargetkan menyentuh angka 77,6 persen. Namun, target 60 persen di Kota Medan diakuinya ditetapkan berdasarkan sejumlah pertimbangan diantaranya melihat partisipasi pemilih di agenda Pemilu dan Pilkada sebelumnya.

“Pilgub 2018 lalu partisipasi 55,8 persen, Pilgub 2013 sekitar 23 persen. Pilwako 2015 sekitar 22,5 persen. Jadi target 60 persen di Pemilu serentak 2019 itu cukup realistis,” ungkapnya.

Edy menjelaskan bahwa pasca Pilgub Sumut 2018 lalu ada 4 Kecamatan yang tingkat partisipasinya rendah seperti Kecamatan Medan Maimun, Medan Baru, Medan Kota dan Medan Sunggal.

“Kita akan lihat pola metode sosialisasi yang cocok untuk 4 Kecamatan itu agar partisipasi memilih bisa meningkat,” paparnya. (PT)

Facebook Comments