oleh

Pemilih Di Lapas Dan Rutan Pada Pemilu 2019 Berjumlah 4.401 Jiwa

-Politik-29 views

MEDAN (Sumutcyber): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan menyebut jumlah pemilih di Rumah Tahanan (Rutan) dan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) pada Pemilu serentak 2019 mencapai 4.401 jiwa.

“Pada 12 Desember 2018 lalu telah ditetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) ke 2 dengan jumlah 1.614 673 jiwa yang tersebar di 6.932, setelah berkordinasi dengan Kemenkumham didapati bahwa pemilih yang merupakan warga binaan mencapai 4.401,” jelas Komisioner KPU Medan Divisi Data dan Informasi, Nana Miranti, di Medan, Rabu (2/1/2019).

Di Lapas dan Rutan, ujar Nana, KPU Medan akan mendirikan sekitar 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kendalanya saat ini, Nana mengaku warga Kota Medan yang menjadi penghuni Rutan maupun Lapas tidak memiliki e-KTP maupun Kartu Keluarga (KK). Maka dari itu pihaknya berkordinasi dengan Disdukcapil agar melakukan perekaman.

Selain pemilih yang ada di DPTHP 2, ia menyebut juga bakal ada DPTb (Daftar Pemilih Tambahan). Di mana, pemilih yang masuk DPTb adalah pemilih yang mengurus formulir A5 atau surat pindah memilih.

“DPTb saat ini ada 44 pemilih. Batas akhir mengurus formulir surat pindah itu 12 Maret 2019. Beda dengan Pilgub Sumut lalu yang menjadi batas akhir mengurus formulir A5, 3 hari jelang pemungutan suara. Ada juga DPK (Daftar Pemilih Khusus) yakni pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak masuk DPT, ini pemilih yang memiliki e-KTP,” paparnya.  (PT)

Facebook Comments