oleh

Muhri: KPU Harus Yakinkan masyarakat, Bisa Selenggarakan Pemilu Jurdil

-Politik-134 views

MEDAN (Sumutcyber): Kecurigaan antar peserta Pemilu, pendukung Capres-Cawapres dan kepada penyelenggara Pemilu menjadi awal munculnya kekisruhan Kotak Suara berbahan kardus atau karton dupleks.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut Muhri Fauzi Hafiz mengatakan bahwa yang terpenting bagi KPU adalah harus meyakinkan masyarakat bisa menyelenggarakan Pemilu dengan jujur dan adil (Jurdil). Bukan lagi menyoal ketahanan kotak suara karton dengan melakukan penyiraman air maupun mendudukkan karton.

“Di lapangan, persoalan mencoblos dan mengenal tanda gambar peserta pilkada saja banyak yang belum paham, kami menemukan masyarakat di desa, terutama Dapil saya. Belum lagi ke persoalan substantif seperti menerima uang bisa dipidana, dan lainnya. Sosialisasi ini walaupun dalam waktu yang singkat bisa lebih ditingkatkan lagi materinya,” kata Muhri saat diskusi publik tentang ‘Kisruh Kotak Suara Pemilu 2019’ yang digelar Jaringan Demokrasi Indonesia (Jadi) Sumut di Medan, Kamis (21/12) sore.

Ditegaskannya lagi, pelaksanaan pemilu 2019 hendaknya tidak berkutat pada logistik, melainkan upaya untuk meningkatkan jumlah pemilih dan pemilih cerdas. Hal ini, menurutnya, penting karena menjadi persoalan pemilu selama ini. “Kalau pemilih cerdas bertambah tidak ada lagi istilah serangan fajar, wani piro dan lainnya,” tegasnya.

Facebook Comments