Menu

Tidak Rutin Periksa Kehamilan, Ini Sanksi Yang Diberikan Bagi Ibu Hamil?

  Dibaca : 41 kali
Tidak Rutin Periksa Kehamilan, Ini Sanksi Yang Diberikan Bagi Ibu Hamil?
Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita. Sumutcyber/PT

Sumutcyber.com, Medan – Kementerian Sosial (Kemensos) juga ikut terlibat langsung di dalam rangka atau upaya menekan angka stunting atau anak yang mengalami gangguan pertumbuhan atau pendek dari seusianya di Indonesia.

Di mana, Kemensos memasukkan ibu-ibu hamil kurang mampu ke dalam penerima manfaat program keluarga harapan (PKH).

“Ibu hamil tersebut diberikan bantuan agar secara rutin bisa memeriksa kehamilannya di fasilitas kesehatan. Ini dilakukan dalam rangka menekan angka stunting,” ujar Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, di Lapangan Benteng, Medan, Kamis (14/2/2019).

Jika ibu hamil yang telah menjadi penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan) tidak rutin memeriksa kandungannya ke fasilitas kesehatan, maka akan ada sanksi yang diberikan.

“Pendamping PKH akan melakukan peninjauan, dan pembimbingan. Kalau tidak rutin memeriksa kandungannya maka akan dicabut dari daftar penerima manfaat PKH,” papar politikus Golkar ini

Kata dia, masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan menjadi fokus dari pemerintah pusat. Meskipun 5 tahun ini pembangunan infrastruktur masih dominan. Kedepan pembangunan SDM atau manusia akan lebih ditingkatkan.

“Memasukkan ibu hamil ke dalam penerima manfaat PKH merupakan komitmen pemerintah membangun SDM atau manusia,” paparnya. (PT)

Facebook Comments
Editor:
KOMENTAR

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional