oleh

Ini Tips Liburan Sehat Dari IDI Medan

-Kesehatan-199 views

MEDAN (Sumutcyber): Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Medan memberikan tips agar liburan tetap sehat. Sebab, masih banyak orang yang liburan hanya memikirkan kesenangan saja, tanpa memikirkan kesehatannya.

Bagi yang mau traveling di libur Natal dan Tahun Baru ini, sebaiknya berolah raga, tidur berkualitas dan mengonsumsi makanan sehat, agar kita tidak mudah terserang penyakit. Sebab, kelelahan dan tidak mengonsumsi makanan sehat membuat tubuh mudah terserang penyakit.

“Pastikan kita rutin berolah raga, tidur berkualitas dan mengonsumsi makanan sehat, agar kita tidak mudah terserang penyakit,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Medan dr. Wijaya Juwarna, SpTHT-KL, Senin (24/12/2018).

Cuci Tangan

Kemudian, dia menyarankan agar sering mencuci tangan dengan sabun. Sebab, bakteri penyebab penyakit mudah ditemui dimana saja, termasuk di tempat yang terlihat bersih. “Untuk itu pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tangan. Pasalnya, bakteri mudah menular melalui tangan,” ungkapnya.

Masker

Dia juga menyebut, bakteri mudah menular dari mata, hidung dan mulut. Oleh karena itu, Wijaya menyarankan untuk menggunakan masker di tempat umum, seperti airport dan terminal.

Sedangkan penyakit yang mengintai saat liburan adalah Infeksi Saluran Pernapasan. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang ketika seseorang sedang pergi berlibur. “Biasanya infeksi saluran pernapasan terjadi ketika Anda sering melakukan kontak pada banyak orang, cuaca dingin, dan juga debu,” tuturnya.

Kemudian, penyakit yang disebabkan oleh penggunaan fasilitas umum seperti toilet umum, pegangan di angkutan umum atau kran air. Selain itu, makanan dan minuman yang terkontaminasi juga bisa menjadi penyebab lainnya. “Bawalah selalu cairan pembersih tangan dan perhatian makanan yang akan disantap,” tuturnya.

Terakhir, lanjutnya lagi, infeksi saluran Kemih. Gangguan ini biasanya lebih banyak terjadi pada wanita, karena wanita memiliki uretra yang lebar, lurus dan pendek. Biasanya Infeksi saluran kemih terjadi karena kebiasaan sering menahan pipis atau fasilitas air yang kurang baik. (MC)

Facebook Comments