Kesehatan

Dinkes Medan Siapkan Rp111 M

MEDAN (Sumutcyber): Dinas Kesehatan (Dinkes) Medan menambah alokasi anggaran sebesar Rp21 M di 2019 untuk mengcover warga miskin Medan ke dalam program penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Sedangkan tahun ini Dinkes menganggarkan Rp90 M untuk program tersebut.

Jadi di tahun 2019 Dinkes Medan menyiapkan Rp111 M untuk membayar iuran BPJS Kesehatan warga kurang mampu tersebut. “Akan semakin banyak masyarakat Kota Medan yang tercover program PBI dengan penambahan anggaran Rp21 miliar,” kata Kadis Kesehatan Medan Usma Polita di Balai Kota, Selasa (4/12).

Dikatakannya, saat ini jumlah masyarakat miskin Kota Medan yang menjadi penerima Bantuan Iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dari Pemko Medan berjumlah 334.412 orang. “Jumlah masyarakat yang tercover program PBI sudah 334.412 orang. Itu data hingga Oktober,” ujarnya.

Jumlah tersebut, lanjut Usma masih bisa bertambah. Sebab, saat ini Dinas Sosial (Dinsos) tengah melakulan verifikasi terhadap calon peserta PBI. “Ada abang-abang becak yang mau masuk, jumlahnya sekitar seribu orang, itu sedang divalidasi oleh Dinsos,” jelasnya.

Usma Polita mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya kepada pihak-pihak yang bisa membantu mengurus agar bisa masuk  ke dalam program PBI.

“Syarat ikut kepesertaan PBI mudah, cukup fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Berkasnya dikirimkan ke Dinsos, karena akan diverifikasi lebih dahulu,” tegasnya.

Berkas yang telah diverifikasi Dinsos, sambung Usma, akan dikirim ke Dinkes untuk selanjutnya diteruskan ke BPJS Kesehatan guna pencetakan kartu. “100 data yang dikirim ke BPJS belum tentu semua dicetak kartunya, karena mungkin sudah punya,” imbuhnya.

Untuk diketahui masyarakat yang masuk program PBI akan menjadi peserta BPJS Kesehatan kelas 3. Di mana iurannya ditanggung oleh Pemko Medan. (GC)

Facebook Comments
Tags