oleh

Masjid Dan Lembaga Syariah Bisa Jadi Kekuatan Besar

-Ekonomi-55 views

MEDAN (Sumutcyber): Dana yang terkumpul dari jamaah masjid yang kaya dan dermawan bisa menjadi kekuatan besar untuk membangun ekonomi keummatan.

“Di Sumut sendiri sudah ada beberapa masjid seperti Masjid Al Jihad dan Masjid Agung Binjai yang membuka ekonomi ril dam membangun ekonomi keummatan seperti Market 212,” ujar Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat Sakhira Zandi saat acara Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Kekuatan Masjid, di Aula MUI Sumut Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, kekuatan ekonomi masjid itu bisa semakin kuat bila ada faktor eksternal seperti lembaga keuangan (Bank) berbasis syariah untuk mensuplai berbagai kebutuhan di bidangnya. Karenanya, sinergitas keduanya penting untuk terus diberdayakan.

“Karena itu sangat penting seminar ini dilaksanakan sebagai bahan masukan bagi masjid yang lain tentang bagaimana peningkatan ekonomi keumatan lewat masjid,” tandasnya.

Pada kegiatan itu hadir sebagai pemateri Basrah Siregar dari Bank Syariah Mandiri, Indra Kesuma Yuzar pemimpin unit usaha Syariah, Bank Sumut, perwakilan dari Bank Muamalat Indonesia Cabang Medan, BKM Masjid Ar Ridho Bambang Hermanto dan Drs H Ahmad Nasir dari BKM Masjid Agung Binjai.

Diacara yang bertemakan Mensinergikan Kekuatan Masjid Dan Lembaga Keuangan Bank Dalam Memberdayakan Ekonomi Umat ini, juga hadir para BKM Masjid di Kota Medan, penggiat ekonomi, dan organisasi masyarakat.

Sementara itu, Pemimpin Unit Usaha Syariah Bank Sumut Indra Kesuma Yuzar mengatakan, siap mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan umat terutama untuk meningkatkan ekonomi syariah.

Katanya, saat ini berdasarkan demografi nasional jumlah umat Islam mendominasi hingga 87 persen, namun berbanding terbalik dengan penguasaan faktor ekonomi yang hanya 12 persen.

“Karena itu umat Islam harus bersatu dan bersinergi dalam membangun ekonomi umat . Karenanya Bank Syariah harus berada digarda terdepan untuk membangun ekonomi keumatan yang kokoh,” ujarnya (TC)

Facebook Comments