oleh

Kementan RI Alokasikan Bibit Kopi Rp15 M Untuk 7 Kabupaten Di Sumut

MEDAN (Sumutcyber): Kementerian Pertanian (Kementan) RI mengalokasikan pengadaan bibit kopi Robusta sebesar Rp15 miliar di APBN 2019 untuk petani kopi di 7 kabupaten di Sumut, yakni Karo, Dairi, Simalungun, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir dan Tapanuli Utara.

Pengadaan bibit kopi tersebut guna menunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bidang agrowisata  di kawasan Danau Toba. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi B DPRD Sumut Aripay Tambunan, dan Anggota Layari Sinukaban SIP dan Siti Aminah Peranginangin, SE kepada wartawan via telepon, Senin (17/12/2018).

Mereka diterima oleh Dirjen Perkebunan Ir Bambang saat berkunjung ke Kementan RI. “Kita patut merasa bangga atas perhatian pemerintah pusat cq Kementan RI terhadap petani kopi di 7 kabupaten di Sumut, dengan mengalokasikan dana sebesar Rp15 miliar untuk pengadaan bibit kopi,” ujar Aripay senada dengan Layari dan Siti Aminah.

Menurut mereka, pengadaan bibit kopi ini sangat membantu petani kopi yang selama ini sudah kewalahan mencari bibit kopi Romusta yang dikenal sangat unggul dan harganya juga mahal. “Dirjen Perkebunan Kementan RI Bambang ketika menerima rombongan Komisi B menyampaikan, agar masyarakat petani memanfaatkan bantuan bibit kopi ini semaksimal mungkin, guna menunjang gerakan KSPN dibidang agrowisata di kawasan Danau Toba,” ujar Layari.

Berkaitan dengan itu, Siti Aminah mengingatkan Dinas Pertanian di 7 kabupaten se kawasan Danau Toba untuk segera mempersiapkan data kelompok tani sesuai dengan wilayahnya, karena paling lambat Januari 2019, anggaran pengadaan bibit kopi ini sudah dicairkan pemerintah pusat.

“Siapkan kelompok tani dan provosalnya, jangan sampai ada yang tertinggal. Kita harapkan Dinas Pertanian di masing-masing kabupaten bisa bergerak cepat, agar petani kopi terbantu atas anggaran yang disediakan pemerintah pusat ini,” ujar Siti Aminah.(MC).

Facebook Comments