oleh

Warga Desa Suka Makmur Perbaiki Drainase Melalui Dana Swadaya

-Daerah-40 views

DELISERDANG (Sumutcyber): Puluhan masyarakat Desa Suka Makmur Dusun II Kec .Delitua bergotong royong memperbaiki drainase yang sudah setahun lebih dibiarkan rusak oleh Pemkab Deliserdang, Minggu (30/12/2018).

Masyarakat berinisiatif mengumpulkan dana swadaya, karena peduli dengan lingkungan dan sebagai aksi solidaritas kepada masyarakat lainnya, yang rumahnya selalu kebanjiran lantaran limbah parit masuk ke dalam rumah.

Dari pengamatan Sumutcyber sudah setahun lebih parit itu rusak. Akibatnya jika hujan, rumah warga sering kebanjira. Limbah rumah tangga dalam parit pun mengalir ke rumah warga.

Kepling se tempat sudah melaporkan kepada pihak kecamatan sekitar 6 bulan lalu. Namun sama sekali tidak ada respon. Pihak kecamatan hanya datang mendokumentasikan parit yang ambruk itu.

Tak sabar dengan kinerja Pemkab yang sangat lambat. Para warga mengutip uang secara swadaya kepada masyarakat, lalu kemudian sama sama bergotong royong dan membeli material bangunan untuk memperbaiki parit yang rusak itu. Tampak pada kegiatan itu Kepala Desa Suka Makmur Suyatno ikut bergotong royong membantu pengerjaan drainase itu.

Aksi gotong royong ini di inisiasi oleh Kepala lingkungan 2 Desa Suka Makmur Ngadiono dan Ketua BKM Masjid At-Toyyibin Sutrisno. “Alhamdulillah masyarakat antusias membantu untuk sementara itu terkumpul biaya sekitar Rp5 juta, untuk memperbaiki parit ini,” ujar Ngadiono.

Sementara itu Mijan, salah seorang warga yang selalu menjadi korban banjir, mengatakan selama setahun belakangan rumahnya selalu kebanjiran apabila hujan lantaran jebolnya parit itu. Tak hanya banjir limbah berbau busuk dari parit ikut masuk ke rumahnya, hingga setinggi setengah meter .

“Terpaksa saya meninggikan rumah kami setengah meter lgi. Itupun kadang masih banjir juga,” ujarnya.

Meskipun begitu, kata Mijan , masyarakat Desa Suka Makmur tetap peduli dan mengadukan hal ini ke pihak Pemkab Deliserdang yang dalam hal ini pihak Kecamatan Deli Tua.

“Namun hingga kini sama sekali belum ada reaksi. Setau saya meraka baru hanya mem foto -foto parit yang rusak itu. Saya mengucapkan terima kasih atas kekompakan masyarakat,” tuturnya. (TC)

Facebook Comments